Polda Kalsel Antisipasi Bencana, Gelar Latihan Search And Rescue (SAR)

Bbs-news.id, Banjarmasin- Terkait beberapa peristiwa alam yang terjadi beberapa hari terakhir akibat peningkatan curah hujan disertai angin kencang di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Direktorat Samapta Polda Kalsel menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR).

Dibawah pembinaan Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Kalsel Kompol Winarno, S.H.  seluruh personel nampak antusias mengikuti pelatihan ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi segala ancaman dari bencana alam yang ada, Senin (23/8/2021) di lapangan Mapolda Kalsel.

Direktur Samapta Polda Kalsel Kombes Pol Pepen Supena Wijaya, S.I.K. melalui Kasubdit Gasum Kompol Winarno, S.H.  saat dikonfirmasi mengatakan, pelatihan ini sengaja digelar untuk memberi pemahaman bagaimana menanggulangi bencana sesuai SOP sekaligus untuk menyiapkan kesiapan personel yang nantinya sigap menangani jika terjadi bencana.

“Ini untuk mengantisipasi jika sekiranya ada bencana seperti banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. Jadi ada tim respon yang langsung turun jika ada peristiwa serupa nantinya, hal ini kami lakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menangani bencana,” tuturnya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, seluruh personel Dit Samapta Polda Kalsel diberikan pengetahuan teori dan praktik seperti cara penggunaan tali jiwa yang benar serta alat selam dan melibatkan mobil khusus untuk menanggulangi bencana seperti longsor sehingga mereka semua paham akan penggunaan mobil yang dimaksud. (AN/SR