Paman Birin Serahkan Bonus Atlet Peraih Medali PON dan Peparnas

Bbs-news.id, Martapura - Gubernur Kalimantan Selatan, Dr (HC) H Sahbirin Noor, menyerahkan secara resmi bonus bagi atlet maupun pelatih peraih medali di ajang PON XX dan Peparnas XVI di Papua. 

Penyerahan bonus ini diserahkan secara simbolis oleh Gubernur yang akrab disapa Paman Birin kepada para atlet, Senin (7/2) di Kiram Park, Kab Banjar. 

Diungkapkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, diberikannya penghargaan kepada atlet, pelatih, dan asisten pelatih berprestasi pada PON Papua dan Peparnas Papua 2021, merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, karena mereka telah membanggakan dan membawa nama harum Banua ini.

"Pemberian bonus ini merupakan apresiasi dari Pemprov Kalsel kepada para atlet berpreatasi dan mengharumkan banua," ujar Paman Birin. 

Paman Birin berharap, bonus yang diberikan dapat meningkatkan srmangat para atlet, untun terus berprestasi di event-event olahraga, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Syaratnya sebut Paman Birin, harus terus bergerak, terus berlatih, sehingga di event mendatang dapat ditingkatkan prestasinya. 

"Kalau sekarang berhasil meraih empat emas, event berikutnya dapat 8 medali emas, hari ini 41 emas, berikutnya 82 emas. Sekarang bisa meraih perak selanjutnya bisa raih emas," harap Paman Birin. 

Adapun besaran bonus peraih medali emas PON maupun Peparnas mendapatkan Rp300 juta untuk perorangan dan Rp350 juta untuk beregu.

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah menuturkan, Gubernur Kalsel sangat mengapresiasi perjuangan para atlet sehingga menaikkan jumlah bonus dibandingkan PON maupun Peparnas sebelumnya di Jawa Barat.

“Ini adalah sebuah penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalsel, khususnya Gubernur Kalsel yang menginginkan bonus ini bisa memberikan efek positif bagi kemajuan olahraga di Kalsel,” katanya.

Hermansyah merinci, untuk peraih medali perak mendapatkan Rp150 juta untuk perorangan dan Rp200 juta rupiah untuk beregu. Sedangkan peraih medali perunggu mendapatkan Rp75 juta untuk perorangan dan Rp100 juta untuk beregu.

Selain itu, bonus juga akan diberikan untuk pelatih dan asisten pelatih.(Andra/SR