Tidak Ada Rekayasa Undian Pelanggan Teladan HUT PDAM Ke-49

Bbs-news.id, Banjarmasin -  PDAM Bandarmasih, Selasa (8/2/2022), melakukan penyegelan laptop yang akan digunakan untuk melakukan undian pelanggan teladan jelang HUT PDAM ke-49.

Dalam pelaksanaan program undian tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan berperan sebagai petugas penyegel undian.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Mufni Murdian Hasim menjelaskan, penyegelan dilakukan sebagai bentuk ketransparan dari pihak PDAM Bandarmasih dalam melakukan pengundian yang akan dilakukan, Kamis (10/2/2022).

Melalui penyegelan yang disaksikan para saksi ini, menjadi bentuk transparansi kalau PDAM Bandarmasih tidak ada rekayasa dalam melakukan undian gratis ini.

Mufni menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-Undang bahwa setiap Undian Gratis Berhadiah (UGB) maupun pengumpulan barang atau  uang, harus mendapat izin dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perizinan. Lalu, akan diajukan ke Dinas Sosial. Setelah ada pengajuan pertimbangan teknis barulah surat izin akan keluar dari Dinas Perizinan.

Sebelum dilakukan penyegelan laptop dilakukan, maka pihak PDAM Bandarmasih perlu menampilkan simulasi pengundian yang disaksikan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.  

"Setelah dinyatakan aman, maka barulah dilakukan penyegelan laptop", ujarnya, Selasa (8/2/2022).

Hadiah utama diberikan pada pelanggan dari empat wilayah layanan PDAM Bandarmasih yaitu Banjarmasin Barat, Banjarmasin Utara, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan. Selain hadiah utama, PDAM Bandarmasih juga mengundi beberapa hadiah hiburan.

Pelanggan yang berkesempatan masuk dalam undian adalah pelanggan yang rajin membayar tagihan air PDAM dari tanggal 1 hingga tanggal 5 tiap bulannya.

Jumlah pelanggan yang akan diundi dari Banjarmasin Barat sebanyak 1.205, Banjarmasin Selatan 1.456, Banjarmasin Timur 1.327, Banjarmasin Utara 1.278 dengan jumlah keseluruhan 5.266.

Pengundian pada Kamis akan menggunakan laptop utama dan laptop backup. Semua undian sudah tersistem yang dilakukan oleh tim IT PDAM Bandarmasih.

Pengundian tersebut akan disaksikan oleh Pihak Kepolisian, Dinas Sosial, Notaris, Wartawan dan tentunya pihak PDAM Bandarmasih.

PDAM Bandarmasih berharap melalui undian gratis berhadiah dapat menarik minat pelanggan baru untuk bergabung menjadi pelanggan PDAM dan rajin membayar tepat waktu di awal bulan.(Andra/Juns