Personil Basarnas Kotabaru Melakukan Pencarian, Kecelakaan Pelayaran Kepada 1 Unit Speed Boat Yang Hilang Kontak

Bbs-news.id,Kotabaru - Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (BASARNAS) menerima informasi bahwa telah terjadi Kecelakaan Pelayaran 1 Unit Spead Boat hilang kontak di Perairan Tanjung Sebau Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Sabtu (05/03/2022) Pukul 07.55 Wita

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Banjarmasin, bahwa pada hari Jum’at (04/03/2022) pukul 18.45 Wita Spead Boat dengan Person on Board (POB) 2 Orang yang terdiri 1 orang Motoris dan 1 Orang Pegawai PT. Sucofindo berangkat dari Pelabuhan Speed  Batulicin Menuju ke lokasi MV TULIP 18 yang berada di Sekitar perairan Tanjung Sebau kabupaten Kotabaru, Estimasi Perjalanan kurang lebih 2 Jam.

Kepala Basarnas Banjarmasin Al Amrad  melalui Koordinator Pos Kotabaru Teguh Prasetyo Menuturkan bahwa speed boat tersebut sampai pada hari Sabtu (05/03/2022) pukul  07.00 Wita pagi belum tiba di MV. 

"TULIP 18 serta Motoris beserta penumpangnya tidak dapat di hubungi, Menurut perhitungan seharusnya speed boat tersebut sudah tiba pada hari" Jum’at (04/03/2022) pukul 20.45 Wita. 

Berdasarkan informasi yang di himpun, identitas 2 orang POB tersebut antara lain M Irfansyah (laki—laki/25 tahun) warga desa Lontar Timur Kotabaru, dan Naharudin (Laki-laki/ 40 Tahun) warga Jalan Berangas Kotabaru.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad saat dihubungi mengatakan bahwa pihak Basarnas Banjarmasin melalui Pos SAR Kotabaru telah memberangkatkan satu tim rescue pada pukul 08.20 Wita untuk melaksanakan Operasi SAR pencarian speed boat tersebut. 

"Tim Rescue Pos SAR Kotabaru berangkat menggunakan sarana Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk melakukan pencarian dengan didukung 1 Set Peralatan Navigasi, 1 Set Peralatan Alat Kominikasi (Alkom), 1 Set Peralatan Medis, dan APD Personal". 

Dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam, kami akan melakukan pencarian melewati rute yang biasa dilalui speedboat tersebut dengan heading 37 derajat dan jarak kurang lebih 32,6 NM dari dermaga tempat RIB kami sandar, cuaca hari ini cukup cerah, semoga cuaca hari ini terus mendukung dalam melaksanakan operasi SAR, dan speedboat beserta penumpang nya dapat segera kami ketemukan, tuturnya. (Rilis/bbs-news.id- Andra)