Luncurkan Program Ramadhan, ACT Kalsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Ibadah dan Sedekah

Bbs-news.id, Banjarmasin  -  Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) secara resmi meluncurkan program “Kan Ramadhan 1443H”. Peluncuran dilaksanakan di halaman Kantor Cabang ACT Kalsel di kawasan Jalan Pramuka, Banjarmasin.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin mengatakan, kendati bulan suci Ramadhan 1443 H masih satu bulan lagi, tetapi sangat penting untuk mengingatkan masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin akan bulan suci Ramadhan 1443 H.

“Kegiatan ini merupakan tarhib, di mana kita mengingatkan masyarakat sekitar bahwa bulan suci Ramadhan 1443 H tinggal menghitung hari,” kata Zainal saat ditemui di sela kegiatan peluncuran.

Dituturkan Zainal, tagline Ramadhan di tahun ini berbeda di tahun kemarin. Di mana, pada tahun 2022, ACT Kalsel berupaya mengedukasi kalangan milenial akan pentingnya bersedekah untuk meringankan saudara sebangsa.

“Makanya di berbagai alat peraga yang kami gunakan, menggunakan bahasa-bahasa yang sangat identik dengan Gen Z atau kalangan milenial. Tentunya ini bisa mengubah habit (kebiasaan) kalangan milenial untuk meningkatkan ibadah dan sedekahnya,” papar Zainal.

Pada Ramadhan tahun ini, Aksi Cepat Tanggap mengusung tiga tema. Pertama, tema “Kan Mau Ramadhan 1443H” yang digencarkan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Kedua, tema “Kan Ramadhan 1443H” yang akan digalakkan selama bulan suci Ramadhan.

“Terakhir yaitu Kan Alumni Ramadhan 1443H. Artinya, kita sudah melewati fase bulan suci Ramadhan dengan terus meningkatkan ibadah kendati sudah melewati bulan Ramadhan. Ini sebagai bentuk mengubah pola pikir masyarakat bahwa ibadah dan sedekah yang terbaik tak hanya di bulan Ramadhan saja,” tegas Zainal.

Zainal berharap dengan peluncuran program “Kan Ramadhan 1443H”, semakin banyak masyarakat Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya semakin sadar untuk meningkatkan ibadah dan sedekah menyongsong kehadiran bulan suci Ramadhan.

“Kita mengajak seluruh masyarakat Kalsel, ayo kita bersama-sama bersiap diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan ibadah dan sedekah terbaiknya,” pungkas Zainal.

Kegiatan peluncuran dibungkus dengan diskusi ringan disore hari. Bertepatan dengan jam pulang kerja masyarakat di sekitar Jalan Pramuka Banjarmasin. Dibarengi dengan aksi distribusi beras kepada penerima manfaat yang tinggal di sekitar Kantor Cabang ACT Kalsel.(Andra/juns)