Sehatkan Keluarga Lewati Pandemi Dengan Imunisasi Lengkap

           Foto Ilustrasi Imunisasi anak

Bbs-news.id, Banjarmasin – Imunisasi adalah perlindungan diri untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti Polio, Tetanus, Campak penyakit saluran pernapasan akut, kerusakan hati dan banyak lagi penyakit berbahaya lainnya

Dengan imunisasi dapat merangsang kekebalan tubuh bayi sehingga dapat melindungi dari beberapa penyakit berbahaya seperti yang disebutkan di atas.

Terpenting sebelum umur 1 tahun bayi harus sudah mendapat lima imunisasi Dasar Lengkap : Hepatitis B sebanyak 4 kali, BCG 1 kali, Polio 4 kali, DPT-HB 3 kali, dan Campak 1 kali.

Bayi yang terlihat sehat belum tentu kebal terhadap serangan penyakit dari luar, untuk itulah peran Imunisasi sangat penting dalam membentuk kekebalan tubuh bayi terhadap segala serangan penyakit dari luar atau lingkungan sekitar.

Adanya anggapan bahwa imunisasi mengandung babi, banyak orang yang takut untuk melakukan imunisasi terhadap bayinya. Terkait hal pro dan kontra terjadi di masyarakat karena hal tersebut.

Dikutip dari situs NU Online dan beberapa organisasi keagamaan serta Fatma MUI No 4 Tahun 2016 dengan pernyataan membolehkan menggunakan vaksin dengan pertimbangan bahwa imunisasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pemberian vaksin dan imunisasi boleh dilakukan dalam kondisi darurat. Artinya tidak ada cara lain dengan menggunakan imunisasi dalam mempertahankan nyawa.

Di luar pemahaman halal dan haram setiap vaksin yang dikeluarkan oleh pemerintah sudah melalui uji klinis dan uji efek samping yang ketat, sehingga vaksin tersebut aman digunakan.

Untuk itu, marilah menggaungkan terutama kepada untuk keluarga terdekat dan masyarakat bahwa dengan divaksin melalui imunisasi adalah ikhtiar dalam meningkatkan kekebalan tubuh bagi bayi yang siap beradaptasi kedunia luar dalam perkembangannya.

Datanglah ke Posyiandu terdekat untuk diberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak terutama anak bayi yang akan diberikan imunisasi secara bertahap sesuai dengan anjuran dari tenaga kesehatan yang bertugas.

“Ayo, lengkapi imunisasi bayi kita, agar anak Indonesia tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya”. (Agus Diannor