Presiden Jokowi : RI Tetap Fokus pada Peningkatan Kualitas SDM

Bbs-news.id, Banjarmasin - Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA mengikuti Sidang Tahunan MPR-RI secara virtual di kediaman jabatan  Senin (16/8/2021) Gubernur Kalimantan Selatan.

Sidang dibuka Ketua MPR RI Bambang Soesanto, dengan agenda penyampaian pidato pengantar oleh Ketua MPR RI, Ketua DPD RI dan Presiden RI. 

Dalam Pidato Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko mengatakan, Pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran yang memacu perubahan dan perbaikan bagi bangsa Indonesia.

Salah satunya adalah perhatian negara pada upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Setiap ujian memperkokoh pondasi sosial, pondasi politik, dan pondasi ekonomi bangsa Indonesia. Setiap tahapan memberikan pembelajaran membawa perbaikan dalam kehidupan kita.

Pandemi  telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan” sampainya.

Karena itu menurutnya, Indonesia telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. 

Selain itu, kapasitas kelembagaan negara dalam merespons pandemi juga semakin terkonsolidasi dan bekerja semakin responsif. 

Namun, selain penanganan masalah kesehatan, Jokowi juga menekankan  perhatian terhadap negara pada agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun.

Pengembangan SDM berkualitas tetap menjadi prioritas.

Penyelesaian pembangunan infrastruktur yang memurahkan logistik, untuk membangun dari pinggiran dan mempersatukan Indonesia, terus diupayakan. 

Yang lebih utama dan merupakan solusi perekonomian yang berkelanjutan, pemerintah memastikan agar masyarakat bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan mendongkrak perekonomian nasional. (AN/SR