Pesona Kain Tenun Pagatan Menjadi Ciri Khas Oleh-oleh Tanah Bumbu

Bbs-news.id, Tanah Bumbu - Salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan yang letaknya di wilayah pesisir pantai adalah Tanah Bumbu.  Potensi menarik yang dimilikinya adalah wisata bahari nan indah serta layak untuk dikunjungi bersama keluarga untuk berlibur.

Jika anda berkunjung ke daerah ini, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh berbagai produk khas seperti camilan, kerajinan dan aksesoris lainnya untuk buah tangan keluarga.

Diantaranya yang tidak boleh terlewatkan adalah untuk singgah di Jl HM Amin  Pagatan. Disini banyak rumah produksi Kain Tenun  dan Galeri yang menjual Kain Tenun Khas Pagatan Kalimantan Selatan.

Berbagai produk buatan berbahan dasar kain tenun, antara lain tas, tempat tisu, tas pinggang, alas dan tutup gelas, baju dan lain-lain.

Sedangkan untuk motif dan desain ditampilkan dari yang klasik hingga bermotif modern, harganya pun bervariasi sesuai kualitas dan bahan yang digunakan.

Semuanya merupakan hasil karya warga Pagatan. Disini juga kita bisa melihat secara langsung bagaimana tangan-tangan terampil menggunakan alat tenun tradisional yang terbuat dari bahan kayu.

Diantara pengrajin tenun Pagatan adalah Galeri SALMAH yang dikelola oleh Abdul Azis salah seorang pelaku UKM di Pagatan. Di Galerinya ini banyak menyediakan berbagai varian dan motif Kain Tenun Pagatan yang berkualitas, tentunya sangat menarik untuk dikunjungi serta sebagai pilihan untuk buah tangan khas dari Pagatan Tanah Bumbu.

Kadis Perdagangan Provinsi Kalsel Drs Birhasani menyempatkan diri berkunjung dan berdialog dengan pengrajin disana, beliau ingin mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam menjalankan usaha tersebut, Jum'at 10 September 2021.

Birhasani mengatakan akan membantu promosi dalam berbagai event dan juga mencarikan akses pasar yang lebih luas, baik dalam maupun luar negeri, baik offline maupun pasar online.

"Skill mereka perlu kita tingkatkan dengan pelatihan maupun Bintek, sehingga terampil dalam mengelola usaha dan pemanfaatan teknologi informasi.  Mari kita bangun sinergitas untuk membina dan mengembangkannya, baik oleh jajaran pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu maupun Pemerintah Kalimantan Selatan,"ujarnya 

Dia juga berharap partisipasi masyarakat untuk menghargai karya sesama warga Kalimantan Selatan dengan membeli dan menggunakan produk lokal sehingga akan membangkitkan perekonomian daerah.

"Dengan demikian kita turut membantu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di Kalimantan Selatan ini,"tutupnya.

(AN/EDY