Sandiaga Uno : Wisata Religi Terbesar Dunia ada di Kalsel

Bbs-news.id, Banjarmasin – Wisata Religi terbesar di dunia ternyata tidak mesti ada di luar negeri. Karena ternyaa wisata ini justru  ada di Kalimantan Selatan.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan wisata religi terbesar didunia adalah kegiatan saat haul ulama karismatik, Guru Sakumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kabupaten Banjar.  Hal ini disampaikan Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan selama dua hari di Kalimantan Selatan, Rabu petang (01/09/2021). 

" Kegiatan Haul abah guru Ini salah satu wisata religi terbesar di dunia, baik saat haul beliau maupun ziarah ke makamnya," ujar Sandiaga Uno saat bertatap muka dengan Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila, Rabu petang (01/09/2021).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Kalsel sendiri tidak hanya memiliki sumber daya alam yang melimpah dan terkenal dengan pesona alamnya, namun juga memiliki daya tarik religinya. Karena selain ziarah ke makam ulama karismatik, Guru Sakumpul, serta kegiatan tahunan , Haulan Abah Guru Sekumpul, Kalsel dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata religi. Sebut saja Makam Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, Kubah Basirih, Datu Sanggul, makam Abah Guru Zuhdiannoor. Memiliki daya tarik wisata religi, dinilai bisa jadi andalan  wisata religi yang mendunia. 

" Wisata religi Ini akan kita kembangkan kedepan, karena wisatawan kita ini khan suka sekali wisata religinya ke Kairo atau ke Istanbul, nanti  bisa kita arahkan ke Kalsel ini," sebut Sandiaga.  

Terkait ini pula ia meminta semua jajaran di Kalsel, untuk mengemas wisata religi ini dengan baik dan mengedepankan nilai-nilai bagus, maka akan memberikan sesuatu terbaik bagi Kalsel. Karena jika wisata religi di Kalsel dikemas dengan baik, sehingga 11 miliar dolar yang biasa dihabiskan wisatawan negeri ini ke luar negeri, bisa dialihkan ke Kalsel, yang pada akhirnya berdampak bagi penambahan kesejahteraan masyarakat Kalsel.


Sandiaga Uno sendiri berharap Gubernur beserta jajaran terkait khususnya Dinas Pariwisata bisa berkerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bekerjasama untuk membuat terobosan bagi kemajuan wisata nasional di Kalsel.

“ Saat pandemi seperti tingkatkanlah keterampilan dan kolaborasi untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif, tetap semangat” katanya sembari memamerkan kemeja berbahan dasar kain khas Kalsel, Sasirangan.

Ia sendiri merasa bangga mengenakan kain sasirangan, batik khas Kalsel ini, karena tetap bertahan di tengah pandemi. Meskiun diakui akibat pandemi Covid-19 ini mempengaruhi bagi 34 juta pelaku yang bergerak dibidang pariwisata dan ekonomi kreatif.  

" Hampir semua sektor mendapat guncangan dahsyat termasuk di Kalsel ini masuk dapat guncang dahsyat itu, semoga ini cepat berlalu, hingga pariwisata negeri kita kembali bangkit," imbuhnya.

Sekedar diketahui Haul Abah Guru Sekumpul sendiri salah satu kegiatan di Kabupaten Banjar yang sangat istimewa.Karena  banyak event di Indonesia yang bisa menyedot pengunjung dalam jumlah besar seperti acara ini. Kota Serambi Mekkah , Martapura, Kabupaten Banjar,  mendapatkan berkah yang luar biasa dengan adanya ratusan ribu bahkan jutaan jamaah (peziarah) yang datang. Mereka yang berziarah hanya dari kota-kota besar di Indonesia, namun ada pula dari sejumlah negara termasuk Mesir dan Yaman. (Olpah Sari Risanta/AN