157 Anak Ikuti Khitanan Massal Di Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin HKSN Banjarmasin

Bbs-news.id, Banjarmasin  -  Pengurus Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin HKSN Banjarmasin, Rabu (22/12/2021)  menggelar kegiatan khitanan massal yang ketiga kalinya.  

Dr. Muhammad Arif Budiman, Ketua Pengurus Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin HKSN Banjarmasin, menyatakan, khitnanan massal gratis bekerjasama dengan Gerakan Jum’at Berkah Banjarmasin dan LKBN Antara Biro Kalsel, dengan peserta 157 orang peserta yang berasal dari Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini merupakan yang ketiga kali selama tahun 2021. Kegiatan ini sangat diminati masyarakat dan membantu masyarakat di saat masa pandemik covid.

“Program khitanan massal ini sangat diminati oleh masyarakat. Kita juga mendapat informasi dari Orangtua bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat membantu meringankan beban mereka di musim pandemik. Karena kalau biasanya khitan melalui Tenaga Kesehatan 500 ribu paling tidak. Sehingga dengan kegiatan khitanan ini sangat berarti dan membantu bagi mereka,” ungkap Arif.

Sedangkan Nanik, Ketua Gerakan Jum’at Berkah Banjarmasin menyatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi dan momen ini untuk meringankan beban masyarakat untuk berkhitan. Momen ini sekaligus sebagai peringatan Milad ke 3 Gerakan Jum’at Berkah. 

“Inilah kita mengambil momen. Kenapa jadi khitanan? Karena ini kewajiban bagi Umat Muslim untuk menghantarkan anak-anak mereka untuk bisa khitan. Dan ternyata biaya khitan itu memang mahal. Karena itulah ini menjadi dasar kita untuk bisa memudahkan, meringankan beban mereka juga, yang ternyata kita temukan banyak yang belum bisa khitan dengan biaya yang tinggi. Di saat musim pandemik seperti ini, kita mencoba untuk menjembatani mereka. Supaya mereka bisa dengan mudah melaksanakan kewajiban sebagai Umat Muslim mengkhitankan anak-anaknya,” ungkap Nanik.

Sementara itu, Tata, warga Bumi Mas Banjarmasin, dengan anak keduanya Fakih Rinartif, umur 6,5 tahun kelas 1 SD. menyatakan, kegiatan itu  sangat membantu pihaknya dan teman-teman dhuafa lainnya.

“Inggih betul-betul. Apalagi ditengah pandemik ini. Kemaren masih belum ada kegiatan. Kebetulan setelah mulai agak mereda pandemik, diadakan acara seperti ini. Alhamdulillah sangat membantu,” ungkap Tata.

 Untuk tahun depan, Pengurus Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin HKSN Banjarmasin, kembali merencanakan melaksanakan kegiatan serupa, mengingat masih banyak anak dari keluarga dhuafa yang tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut karena keterbatasan panitia.(Andra)