Basarnas Kalsel Melatih 100 Peserta SAR di Kabupaten Tanah Laut

Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menyelenggarakan pelatihan teknik pertolongan di permukaan air dan teknik pertolongan di ketinggian  bagi potensi SAR

Bbs-news.id, TANAH LAUT -  Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menyelenggarakan pelatihan teknik pertolongan di permukaan air dan teknik pertolongan di ketinggian  bagi potensi SAR. 

Kegiatan ini berlangsung selama 7 (Tujuh) hari mulai dari tanggal 16 Maret hingga 22 Maret 2022 yang bertempat di Balairung Tuntung Pandang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta yang dibagi menjadi dua kelas dan unsur-unsur yang terlibat dalam kegiatan Latihan Potensi SAR 2022 ini terdiri dari TNI, POLRI, Instansi Pemerintah Daerah dan Organisasi di wilayah Kalimantan Selatan. 

Kegiatan ini dibuka pada hari Kamis (17/03/22) sekitar pukul 09.00 WITA oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad, S.Sos dan Bupati Tanah Laut, Drs. H. Sukamta, M.A.P. 

Dalam pelatihan potensi SAR tahun 2022 ini akan diberikan materi dan praktek mengenai teknik pertolongan di permukaan air dan teknik pertolongan di ketinggian yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi potensi SAR demi terwujudnya pelayanan jasa SAR dengan kualitas respons time yang optimal, menjalin sinergi dan solidaritas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dengan potensi SAR Wilayah Kalimantan Selatan.

“Saya sangat menyambut baik dan mendukung terselenggaranya pelatihan ini. Seperti yang kita ketahui Bersama, selain potensi musibah kecelakaan air dan musibah di ketinggian atau pegunungan, Kabupaten Tanah Laut juga merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam setiap tahunnya, seperti karhutla, banjir tanah longsor dan putting beliung.” Ungkap  Drs. H. Sukamta, M.A.P. Bupati Tanah Laut.

“Dalam kegiatan pelatihan ini, seluruh peserta diharapkan mampu mangaplikasikan materi teori dan keterampilan yang didapat selama pelatihan untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani kecelakaan dan bencana yang terjadi, sehingga pelayanan SAR yang kita berikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tepat dan optimal.” jelas Al Amrad, S.Sos Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Pelatihan Potensi SAR tahun ini digelar di tiga tempat yang pertama yaitu di Balai Diklat Hutan Kota Pelaihari untuk tempat istirahat sekaligus pemberian pembelajaran teori materi SAR, dan yang kedua ada di Waduk Benua Tiga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut untuk praktek teknik pertolongan di permukaan air serta yang ketiga adalah di Bukit Sanghiyang Takisung Kabupaten Tanah Laut untuk praktek teknik pertolongan di ketinggian. (Andra