Irjen Pol Rikwanto Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako Polda Kalsel Baru

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Markas Komando (Mako) Polda Kalimantan Selatan

Bbs-news.id, Banjarbaru - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Markas Komando (Mako) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (28/3/2022) pukul 10.00 Wita.

Gedung Mako Polda Kalsel baru beserta fasilitasnya dibangun di Jalan Bina Praja Timur Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang rencana selesai di tahun 2024 dengan total areal Gedung dan Lahan Parkir sebesar 10.600 Meter persegi, menggunakan anggaran DIPA TA.2022 sebesar Rp. 133.521.879.000,-.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Wakapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsudin Noor, Danlanal Banjarmasin, Kajati Kalsel, Kabinda Kalsel, Ka BNNP Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalel, Kapengti Kalsel, perwakilan PT. Adhi Karya, PT. Luthfiatma Jaya Mandiri Kontruksi, PT. Hasnur Group, PT. Binuang Mitra Bersama Blokdua, dan GM. She Jhonlin Group.

Dikatakan oleh Kapolda Kalsel, lokasi Mako baru yang berada di Komplek Perkantoran Provinsi Kalsel Banjarbaru ini sangat bagus sehingga memudahkan untuk melakukan koordinasi antar instansi, disamping juga mudah dijangkau oleh masyarakat.

Kapolda juga mengatakan bahwa Mako baru seharusnya dibangun pada tahun lalu, namun tertunda karena adanya refocussing anggaran akibat Pandemi Covid-19 sehingga baru bisa dibangun pada tahun 2022 ini.

Ia berharap kedepan Polda Kalsel akan lebih menata kinerjanya dan lebih bersemangat lagi untuk mengabdi kepada masyarakat, karena sedikit demi sedikit berbagai fasilitas akan dicukupi, guna memberikan kontribusi yang bagus bagi masyarakat Kalimantan Selatan. "Dengan tantangan tugas kedepan, diharapkan transparansi yang sudah dibangun akan merubah sikap dan perilaku bagaimana memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” jelas Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan bahwa pembangunan Mako ini menjadi pemecut semangat dalam melaksanakan tugas kedepan untuk memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat. "Polda Kalimantan Selatan tidak dapat bekerja sendiri, dan tentunya sangat mengharapkan dukungan serta sinergi yang baik dari seluruh unsur yang ada di Kalimantan Selatan,” terangnya.

Oleh karena itu,  pihaknya mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan keharmonisan yang telah tercipta selama ini antara Polda Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Daerah, DPRD, Korem, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, serta elemen masyarakat lainnnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengatakan peletakan batu pertama pembangunan Mako Polda Kalsel ini merupakan peristiwa yang sangat bersejarah. "Sejak berdirinya Polda Kalsel telah menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan dalam hal pelayanan dan keamanan masyarakat. Dan sekarang dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. juga menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah keberhasilan mewujudkan pembangunan Gedung Mako Polda Kalsel yang baru ini,” terangnya.

Selain Mako Polda Kalsel baru, pada kesempatan ini juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan hibah Masjid, Gedung SPKT, dan pembangunan Pagar. (SR/AN