Basarnas Dan Tim SAR Gabungan Turun, M. Arsyad Bocah 2 Tahun Korban Tenggelam Langsung di ketemukan

 

Bbs-news.id, TAPIN – Muhammad Arsyad balita 2 tahun diduga terpeleset dan tenggelam di Dapur Rumah Korban yang merupakan Bantaran Sungai Kaladan Kecamatan Candi Laras utara Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan.

23 April 2022- Pukul 18.20 Wita diberangkatkan Tim Rescue Kansar Banjarmasin ke lokasi berkaitan dengan kejadian diduga orang terpeleset kemudian tenggelam di sungai kaladan Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan yang membuat satu balita atas nama Muhammad Arsyad hilang. Sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menerima informasi dari potensi SAR terkait kejadian Kondisi Membahayakan Manusia yang diduga balita terpeleset kemudian tenggelam di Sungai Kaladan Kecamatan Candi Laras Utara sore tadi.

Berdasarkan laporan yang diterima korban lepas dari pengawasan orang tua, korban yang merupakan balita berjalan ke arah dapur yang lokasi rumahnya di bantaran sungai. Kemudian korban hilang diduga korban terpeleset dan tenggelam di Sungai Kaladan Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun Korban Bernama Muhammad Arsyad (2 Tahun).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad langsung memerintahkan Tim Rescue Alpha menuju Lokasi kejadian setelah sebelumnya berkoordinasi dengan potensi SAR di lapangan.

“Kita kerahkan sore menjelang waktu berbuka puasa hari ini tim rescue dengan peralatan SAR air Lengkap kemudian kita akan lakukan koordinasi bersama unsur SAR gabungan yang sudah ada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban.” Tegas Al Amrad, S.Sos, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR. Beliau juga mengungkapkan bahwa pada besok hari rencana tim SAR gabungan akan melakukan pencarian dengan jarak kurang lebih 250 meter ke arah hilir Sungai Kaladan.

Tim Rescue Kansar Banjarmasin Berangkat menggunakan 1 Unit Truck Personil dengan membawa 1 Unit Motor Trail KLX, Rubber boat, motor tempel, 1 Set Peralatan Alkom, 1 set peralatan Medis, 1 Buah Aqua Eye dan Peralatan Pendukung Lainnya.

Unsur- unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Laskar 62, Borneo Rescue Batola, Julungan Fire Rescue, BPK Antasari, Darul Taqwa, BPK Bakumpai Permai, Seman Marabahan, Basahap dan Tim Rescue Tapin.

Pencarian akhirnya menemukan hasil, (24/04/2022) sekitar  pukul 03.45 Wita  korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan di sekitar lokasi kejadian dengan jarak 50 meter dari LKP.” Korban kita temukan pagihari tadi berkat sinergi SAR gabungan, selanjutnya kita evakuasi menuju rumah duka untuk kita serahkan kepada pihak keluarga. Kami berharap para orang tua harus lebih berhati-hati, fokus dan jangan sampai lengah apabila mempunyai anak yang masih balita, apalagi tempat tinggal nya dekat dengan aliran sungai, sangat berbahaya apabila tidak di awasi dengan baik.” Tutur Al Amrad. Beliau juga mengungkapkan turut berbela sungkawa atas musibah yang menimpa korban, dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sinergi antara unsur SAR gabungan hingga akhirnya korban ditemukan.

Pihak keluarga berterima kasih kepada tim SAR gabungan yang telah melakukan upaya pencarian yang maksimal.

(HMS/SAR-BJM)