Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasi Qurban, Cara ACT Kalsel Ingatkan Warga untuk Berqurban

Bbs-news.id, Banjarmasin   -   Dalam waktu tiga pekan ke depan, Umat Islam akan menyambut Idul Adha 1443 H. Guna mengedukasi sekaligus mengingatkan umat Islam khususnya warga Kalimantan Selatan, Gobal Qurban Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) menggelar Sosialisasi Qurban di Taman Siring Pierre Tendean, Banjarmasin, Minggu (19/6/2022) pagi.

Sosialisasi bertujuan agar warga Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin yang tengah menikmati Car Free Day (CFD). Dengan membagikan flyer kepada pengunjung CFD dan membuka stand konsultasi qurban bagi masyarakat yang ingin berqurban.

“Kita langsung turun ke lapangan dan menawarkan qurban kepada warga Kota Banjarmasin. Dimana kita mengajak warga untuk berqurban dengan harga yang special dari Global Qurban ACT Kalsel,” kata Zainal Arifin, Kepala Cabang Global Qurban ACT Kalsel.

Dalam kegiatan ini juga dibarengi dengan aksi pelayanan kesehatan gratis, seperti pemeriksaan dan konsultasi kesehatan secara gratis dengan sasaran pengunjung CFD di Taman Siring Pierre Tendean.

“Dalam pelayanan kesehatan gratis ini, kami mengajak Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kalsel dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) ISFI Banjarmasin untuk berkolaborasi dalam aksi pelayanan kesehatan gratis ini,” imbuh Zainal.

Antusiasme warga yang beraktivitas saat CFD untuk mengecek kesehatan secara gratispun sangat tinggi. Ini terlihat dari membludaknya antrian warga yang ingin mengecek kesehatannya. Disela pemeriksaan kesehatan, tim Global Qurban ACT Kalsel juga mengedukasi warga untuk berqurban. 

“Harapannya semoga warga semakin sadar bahwa Idul Adha 1443 H semakin dekat. Dengan banyaknya warga maupun umat yang berqurban, tentu semakin luas manfaat yang didapat oleh saudara kita yang membutuhkan,” tuntas Zainal.

Sementara itu, M. Abduh, warga Kota Banjarmasin menyambut baik kegiatan pelayanan kesehatan gratis yang dibarengi dengan sosialisasi qurban. Tentunya dia berharap aksi seperti ini dapat dilaksanakan kapanpun.

“Ini sangat membantu warga yang ingin chek kesehatannya secara gratis. Saya juga sudah berkonsultasi dengan tim medis terkait hasil pemeriksaan kesehatan tadi,” ucap warga Jalan Prona I, Banjarmasin ini. [juns/Andra]