Manisnya ABBA Cokelat Hadir di Kota Juara

Banjarbaru, bbs-news.id – Cokelat juga sering disebut orang-orang “Makanan Cinta”, kadang pandangan masyarakat makanan ini bisa merusak gigi, mengakibatkan obesitas, bahkan sampai menimbulkan jerawat. Tetapi, faktanya hasil dari penelitian Cokelat memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya, Senin (2/1/2023).

Khasiat cokelat antara lain, mencegah penyakit jantung, kanker, serta menurunkan tekanan darah, bahkan hasil penelitian terbaru cokelat mampu menjaga kesehatan otak.

Adalah ABBA Cokelat yang memilih Cokelat sebagai usaha UMKM yang hadir di kota Banjarbaru Jalan Kenanga sebagai pusat kreasi pengolahan Cokelat kreatif ini.

Bobby owner ABBA Cokelat mengatakan bahwa memulai usahanya ini sejak tahun 2008. Ketertarikan Bobby dengan Cokelat adalah karena pangsa pasar cokelat sangat luas mulai dari anak-anak, dewasa sampai orang tua banyak menyukainya.

“Saingan usaha ini tidak banyak, jadi peluang bisnisnya sangat besar. Untuk mengembangkannya kami juga membuat cokelat dengan Custom. Atau kemasan dan rasa sesuai order atau pesanan pembeli,”ujar pria lulusan UI Tekhnik Elektro ini.

Akan usahanya ini, ABBA Cokelat sudah banyak mendapat penghargaan. Penghargaan dan sertipikat itu antara lain dari Menteri Pertanian Siswono tahun 2014 “Produk Olahan Perkebunan Prosfektif Berdaya Saing, Marketer Of The Year 2017, FINALIS Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 oleh Kemenkraf Sandiaga Uno.

Dan baru-baru tadi  ABBA Cokelat saat GO Dekranasda Creative Hub, juga mendapat penghargaan “Pemenang Kompetisi Ide Bisnis” bersama 2 UMKM lainnya dari Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin.

Selain menjual langsung di rumah produksinya, ABBA Cokelat juga hadir di stand Dekranasda Creatif Hub di Mess L bergabung dengan rumah produksi makanan dan minuman UMKM kota Banjarbaru.

“Saat pandemi kami banyak menjual via online, selain pembeli lokal juga ada pembeli dari luar kota bahkan juga sampai ke Jaya Pura yang merupakan pulau terujung dari Indonesia,”ungkapnya.

Dia berharap kedepannya nanti bermunculan para pemain cokelat, karena makanan berbahan cokelat ini sangat luas kreasinya, bisa dari bahan cokelatnya, bahan campurannya serta kemasannya dan ada banyak peluang disitu.

Untuk saat ini ABBA cokelat membuat 2 jenis yaitu cokelat padat dan minuman dari bahan ini. Sedangkan harga bervariasi mulai dari 5.000 rupiah sampai ratusan ribu rupiah.

“Kedepannya, kita ingin membuat semacam sekolah cokelat, dengan begitu kita bisa mengajak anak-anak muda yang ingin belajar tentang bisnis cokelat, kreasi cokelat juga sampai dengan pemasarannya,”pungkas Bobby.(Eddy D/Andra)