Inilah Pesan Fery Farhati Agar Peran Orang Tua Lebih Memperhatikan Pendidikan Anak

Banjarbaru,Bbs-news.id - Istri Calon Presiden Republik Indonesia, Anies Baswedan, yaitu Fery Farhati menjadi narasumber pada Talkshow Parenting Orang Tua Pembelajar mengangkat tema "Fondasi Membangun Keluarga" di The Breeze Banjarbaru, Rabu (13/9/2023). 

Farhati menjelaskan, sebagai orang tua tidak boleh lengah menjaga anaknya dalam melakukan aktifitas di sekolah maupun di rumah karena sedikit saja orang tua lengah bisa mempengaruhi dengan cara anak dalam menyerap pelajaran baik itu di rumah maupun di sekolah.

"Sehingga orang tua harus lebih memperhatikan anak-anaknya, melihat potensi dan bakat yang ada pada anak, memberikan sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah dan terus memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar," katanya.

Disebutkannya, peran orang tua dalam pendidikan anak sangat penting karena senantiasa menjadi pendengar setia anak, mendengar keluhan, kebahagiaan dan keseharian anaknya.

"Dengan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat dalam menjalani aktifitas hari-harinya, terutama membangun komunikasi yang baik dengan anak," imbuhnya.

Ia mengutarakan, beberapa orang tua berpikir bahwa tindakan keras adalah cara yang tepat dalam menangani anak-anak yang tidak suka sekolah atau tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumah. 

"Orang tua yang menjaga sikap positif tentang pendidikan lebih cenderung memberikan pandangan cerah itu kepada anak dan sebisa mungkin komunikasi kita dengan anak juga harus baik agar tidak ada miskomunikasi tentang pentingnya pendidikan dan apa saja yang harus dilakukan dalam memenuhi tanggung jawabnya sebagi murid," tuturnya.

Menurutnya, orang tua merupakan orang yang pertama dalam mengajarkan pendidikan kepada anaknya dari balita, anak-anak hingga dewasa

"Jadi ebagai orang tua jua harus memperhatikan pergaulan anak sehari-hari, mengatur waktu anak dan memberikan perhatian serta waktu kepada anak," lanjutnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, seperti saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak sejak dini dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak terbukti dalam memberikan banyak dampak positif bagi anak. 

"Banyak yang mencapai kesuksesan setelah mereka menginjak usia dewasa dan terjun ke dalam dunia sosial yang sebenarnya. Namun, peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah," tandasnya. (Rizqon/Andra)