Sejarah Manis, Jurnalis Kalsel Terbaik OJK Journalist Class Angkatan 8

Banjarbaru,bbs-news.id - Lagi-lagi prestasi bagus ditorehkan Jurnalis Kalsel. Kali datang dari seorang Jurnalis bernama Muhammad Risanta.Pria yang akrab dipanggil Bang Santa ini, Kamis (29/02/2024) dinobatkan sebagai peserta terbaik pertama OJK Journalist Class Angkatan 8 Tahun 2024. Tak hanya itu dia menyabet gelar juara pertama Lomba Menulis Jurnalistik yang diselenggarakan OJK Institute.

Risanta  mampu mengalahkan 39 peserta Workshop OJK Journalist Class Angkatan 8, untuk gelar terbaik, yang diikuti 40 peserta dari Kalsel dan Kalteng. Bersama 40 Jurnalis Kalsel dan Kalsel, dirinya mengikuti kelas padat belajar terkait keilmuan Sektor Jasa Keuangan, sejak 27 Pebruari 2024 hingga 1 Maret 2024, di di Grand Qin, Banjarbaru

Proses menuju gelar terbaik sendiri tidak mudah, karena harus mengikuti serangkaian acara dan aktif sepanjang kegiatan pembelajaran kelas. Tak hanya itu peserta yang merupakan Jurnalis pilihan dan berkualitas ini, harus mampu menjawab soal-soal pre test dan post test yang merupakan salah satu point penilaian tertinggi. Dan wajib mengikuti lomba menulis dengan teman Peer to Peer Lending dengan isu terkini dan analisa khusus.

“Alhamdulillah, memang kita tidak mentargetkan apa-apa.Karena datang ingin belajar bersama kawan-kawan dari Kalsel maupun Kalteng.Apalagi materinya sangat bagus dan penting diketahui untuk Jurnalis yang memfokuskan diri dalam desk liputan ekonomi khususnya keuangan dan perbankan,” kata Risanta, usai menerima Sertifikat Juara I terbaik sebagai peserta workshop dan penulis artikel terbaik dari Ni Nyoman Puspani, Direktur Perencanaan Sumber Daya Manusia, Kamis (29/02/2024). 

Pria yang merupakan Ketua Perhimpunan Jurnalis Ekonomi Banua, bersyukur bisa menjadi juara dalam lomba menulis terkait literasi Fintech Peer-to-peer Lending. Artikelnya berjudul Memahami Fintech P2P Lending, Sebagai Berkah Bukan Sebuah Musibah, mampu menarik perhatian tim juri OJK Institute. Dan tulisan ini pun memperoleh nilai terbaik hingga mendongkrak peroleh point tertinggi juga untuk peserta terbaik pertama dalam OJK Journalist Class Angkatan 8 yang diikuti 40 orang Jurnalis Ekonomi terbaik se-Kalselteng.

Selain Risanta, Jurnalis asal Banua lainnya Muhammad Faidurrahman (Rilis Kalimantan.Com) berhasil meraih posisi ketiga. Sedangkan juara kedua diraih Jurnalis perempuan asal Palangkaraya, Testi Priscilla (Borneo News).

"Penilaian kriteria pemenang berdasarkan dari keaktifan peserta dalam diskusi, penilaian pre test dan post test, kehadiran, serta penulisan naskah artikel mengenai peer-to-peer lending," kata Direktur Pengembangan Sektor Jasa Keuangan, Ni Nyoman Puspani saat mengumumkan hasil lomba di Grand Qin Hotel, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Direktur Perencanaan Sumber Daya Manusia, saat mengumumkan hasil lomba, mengatakan tiga orang Jurnalis yang terpilih ini merupakan yang terbaik pada Journalist Class Angkatan 8 yang diadakan OJK Institute. 

"Penilaian kriteria pemenang berdasarkan dari keaktifan peserta dalam diskusi, penilaian pre test dan post test, kehadiran, serta penulisan naskah artikel mengenai peer-to-peer lending," kata Ni Nyoman Puspani.

Ketiga berhak mengikuti kegiatan serupa di Jakarta namun dalam level yang lebih tinggi. Diharapkan pula ketiga Jurnalis terpilih ini menjadi leader terdepan dalam memberikan literasi keuangan kepada masyarakat luas, setelah juga bersama puluhan Jurnalis lainnya diminta menjadi Duta Literasi Keuangan OJK. ***