Peduli Ponpes Al-Falah, Dinsos Kalsel Salurkan Bantuan Logistik

 

BBS-NEWS.ID, Banjarbaru – Respon cepat selalu dilakukan Dinas Sosial Provinsi Kalsel begitu terjadi bencana, seperti halnya musibah kebakaran yang kerap melanda.Seperti kebakaran hebat yang menimpa Pondok Pesantren Putra Al-Falah Banjarbaru, Kamis pagi (15/07/2021) kemarin. 

Kejadian ini pun mengundang keprihatinan, lantaran luasnya gedung yang terbakar. Tak hanya itu sejumlah logistik pesantren di dalam asrama dan ruang kelas pun musnah terbakar.

Jumat pagi (16/07) bantuan logistik pun dikerahkan dan disalurkan langsung ke Pengurus Pondok Pesantren Al-Falah Putra di kawasan Jalan Achmad Yani Km 24, Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru. Bersama puluhan pilar Dinas Sosial, Tagana ( Taruna Siaga Bencana ), bantuan terdiri dari sembako, matras, tenda gulung, selimut, kasur hingga makanan anak, termasuk peralatan kesehatan,  diantar menggunakan dua unit mobil dan  satu uni truk. 

Bantuan respon cepat ini langsung diserahkan ke gudang posko bencana kebakaran Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru. Penyerahan bantuan logistik juga disaksikan langsung sejumlah Anggota DPRD Kalsel, HM. Luthfi Saifuddin, S.Sos,,Hasbullah SH, Hj.Syarifah Rugayah, Hj.Mariana, H.Abdul Hasib Salim.

“ Ini salah satu respon cepat yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel . 

Setidaknya bantuan ini juga dapat meringankan beban saudara kita di pondok pesantren yang mengalami musibah,” jelas Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Dra. HJ.Siti Nuriyani melalui Sekretaris Dinas Sosial Kalsel Diyah Anur Yani, di sela-sela penyerahan bantuan langsung kepada pengurus Pondok Pesantren Al-Falah, Jumat pagi (16/07/2021).

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Falah Putra , H.Syamsunie, mengapresiasi bantuan yang diberikan untuk pondok pesantren mereka. Bantuan yang diantar langsung pejabat Dinas Sosial Kalsel bersama anggota parlemen rumah Banjar Kalsel, memberikan kesejukan tersendiri bagi keluarga besar Ponpes Al-Falah yang tengah berduka. 

“ Atas nama keluarga besar Pondok Pesantren Al-Falah, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Semoga amal kebaikan semua pihak yang peduli dan bersimpati kepada kami dibalaskan dengan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.Kami sangat terharu sekali dengan perhatian Bapak dan Ibu semua yang maelangi kami ,” ujar Ustadz Syamsunie tak kuasa menahan haru.

Terpisah Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Achmadi, berharap bantuan yang diberikan dapat berguna bagi para korban khususnya keluarga besar pondok pesantren. Tak hanya bantuan sembako dan peralatan tidur, pihaknya juga,  yang terdampak untuk memberikan bantuan berupa peralatan kesehatan siap pakai.

“ Yang tak kalah penting adalah di tengah pandemi , kita juga memberikan masker dan hand sanitizer kepada pondok pesantren, sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus covid-19.Harapannya ini juga memberikan manfaat bagi mereka. Kita bersama-sama  selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan,” kata Achmadi. (Olpah Sari Risanta/AN)