Harapan Mereka Untuk Bazar UMKM Bank Kalsel

 

Banjarmasin, Bbs-news.id  -  Bank Kalsel selaku entitas bisnis daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk kembali menggeliatkan perekonomian daerah melalui suatu program yang tidak hanya sekedar menunjukkan eksistensi UMKM daerah, namun juga beriringan dengan legitimasi Bank Kalsel sebagai bank digital.  

Program yang diusung adalah BAZAR UMKM Bank Kalsel dengan tema “Bangkitkan UMKM Banua Bersama Bank Kalsel”, bentuk komitmen untuk berperan aktif dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi secara lebih efektif dan diakselerasi dengan cepat, khususnya dalam mengoptimalkan sektor UMKM melalui transformasi digital.

BAZAR UMKM Bank Kalsel dilaksanakan pada tanggal 9 - 13 November 2022 dengan mengambil venue Halaman Eks Kantor Gubernur Kalsel dan Siring 0 Km Banjarmasin.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, menyampaikan bahwa BAZAR UMKM Bank Kalsel digelar sebagai bentuk komitmen untuk menggeliatkan kembali UMKM Banua seiring dengan optimalisasi Transformasi Digital Bank Kalsel.

“Pada gelaran BAZAR UMKM Bank Kalsel, kami menerapkan sistem transaksi non tunai/cashless yang artinya seluruh transaksi yang dilakukan dalam BAZAR dengan melakukan mobile banking AKSEL by Bank Kalsel. 

Hal ini dilakukan agar UMKM Banua semakin melek digitalisasi, sehingga kedepannya mampu mendukung optimalisasi usahanya menjadi lebih berkembang” terangnya.

Ketua Hipmikindo (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia) Provinsi Kalsel Sutjipto, menyambut positif kegiatan ini, namun dia mintaagar semua Pelaku UMKM bisa diakomdir dalam kegiatan tersebut.

“Pas saya ditanya komentarnya bagaimana? Kalau kitabicara bank kalsel, kita kenal. Tapi satu sisi kalau bicara UMKM, Hipmikindo juga tidak mendapatkan informasi secara organisasi. Jadi yang kita mau sampaikan di sini, sebaiknya ada koordinasi. Kalau misalnya memang ada kegiatan berkaitan dengan komunitas, ini mau masing-masing yang mengadakan atau bicara secara umum. Karena kalau tidak, nanti yang tidak mendapat informasi nggak ikut. 

Ada yang binaan Bank Kalsel, ada binaan Bank  Indonesia, ada binaan Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, dan ada yang ikut komunitas tapi bukan binaan siapa-siapa. Nanti ujung-ujungnya yang ikut siapa? Loe lagi loe lagi. 

Yang lain yang tidak dapat informasi, nggak dapat peluang,” ungkap Sutjipto.

Sedangkan Pemerhati Ekonomi yang juga Ketua STIE Indonesia Banjarmasin Dr Yanuar Bachtiar SE MSi menyatakan, kegiatan ini membuktikan kepedulian Bank Kalsel dan keberpihakan Bank Urang Banua ini untuk UMKM semakin jelas terlihat.

“Memang ada sedikit kritikan pada saat itu yang say abaca beritanya, bahwa diharapkan saluran modal dari Bank Kalsel ini tidak hanya untuk para pengusaha. Tetapi juga seharusnya menjamah juga sector UMKM. Mungkin inilah salah satu jawaban, bahwa keberpihakan Bank kalsel juga ada di UMKM. Kita berharap bahwa kegiatan untuk UMKM ini sukses,” harap Yanuar.   

Secara umum, BAZAR berisikan Stand Pelaku UMKM Binaan Bank Kalsel, Stand Kuliner, Stand Komunitas, Pojok Kopi, dan Stand Bank Kalsel Information Centre. Selain itu juga, para pengunjung disajikan suguhan  entertainment, dalam bentuk Band Performance, Stand Up Comedy, Panting Show, Opera Komedi Banjar, hingga penampilan Artis Nasional yang tentunya menarik untuk disaksikan. 

Pada momen ini juga akan dilakukan kegiatan Literasi Keuangan dan Kuis Ranking 1 untuk Pelajar SD, Sosialisasi Pengelolaan  Keuangan kepada Pelaku UMKM, Sosialisasi Produk dan Layanan Syariah, Lomba Mewarnai untuk Tingkat Pelajar TK dan SD, dan tentunya sayang untuk dilewatkan adalah kegiatan JALAN SEHAT yang menyajikan total hadiah puluhan juta rupiah.(Jn/An)