ACT Kalsel Hadirkan Careline, Siap Penuhi Kebutuhan Pangan Warga Terdampak Pandemi

bbs-news.id, BANJARMASIN – Permasalahan sosial sebagai imbas pandemi Covid-19 yang belum usai, berdampak pada kebutuhan pangan warga. Terutama dari warga kalangan menengah ke bawah, yang berakibat semakin sulitnya memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Merespon hal tersebut, Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) pun menghadirkan program Operasi Pangan Gratis (OPG). Di mana, operasi ini menyasar warga yang merupakan pekerja harian, yang tentunya terdampak pandemi Covid-19. Seperti tukang becak, tukang ojek juru parkir, dan lain-lain.

Menurut Staf Program ACT Kalsel, Muhammad Rizki, program OPG merupakan respon di tengah kesulitan warga untuk memenuhi kebutuhan pangan, salah satunya warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19. OPG sendiri, menurut Rizki, terbagi menjadi dua turunan program. Yaitu Operasi Makan Gratis (OMG), Operasi Beras Gratis (OBG) dan bantuan paket nutrisi.

Guna menunjang program-program tersebut, Rizki menambahkan, ACT Kalsel telah membuka layanan menghubung careline. Di mana, warga yang membutuhkan bantuan pangan dapat menghubungi careline ACT Kalsel untuk meminta bantuan pangan. Tim yang menangani careline sendiri akan meminta data-data seperti alamat maupun nomor telepon yang dapat dihubungi.

“Dengan kehadiran careline ini, diharapkan tidak ada lagi warga Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya yang mengalami kelaparan. Untuk layanan food careline sendiri beroperasi dari pukul 11.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA,” tutur Rizki di Banjarmasin, Rabu (4/8) siang.

Nomor careline sendiri, selain berfungsi sebagai pusat layanan kebutuhan makan bagi warga terdampak pandemi, juga dapat berfungsi sebagai pusat layanan kebutuhan beras. Tentunya, dengan menggunakan nomor yang sama.

Rizki menambahkan, usai menerima telepon melalui layanan careline, bantuan pangan dapat diantar langsung ke rumah warga yang membutuhkan. ACT Kalsel sendiri telah menyiapkan tim khusus yang bergerak dalam distribusi bantuan pangan kepada warga. Tim yang diberi nama biker humanity ini, akan mengantarkan bantuan pangan sesuai dengan data yang dilaporkan melalui careline, seperti alamat rumah, nomor telepon dan lain-lain.

Biker humanity ini langsung bergerak ke lokasi yang telah dilaporkan. Sama seperti layanan careline, tim biker humanity bergerak mengantarkan bantuan pangan ke warga dari pukul 11.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA,” imbuh Rizki.

Saat ini, layanan careline menjangkau seluruh wilayah Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Kehadiran program-program ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan kebutuhan pangan warga, utamanya bagi warga terdampak pandemi Covid-19 maupun yang menjalani isoman. 

“Bagi warga yang membutuhkan, jangan ragu menghubungi careline kita. Program kita ini hadir untuk dapat membantu saudara-saudara kita dan menjadi pengantar kebaika bagi saudara kita yang berderma maupun yang menghadapi kesulitan di masa-masa seperti ini,” ujar Rizki.

Untuk warga terdampak pandemi Covid-19 yang membutuhkan bantuan pangan, dapat menghubungi careline ACT Kalsel di nomor telepon (0511) 678 5339. Sementara, bagi warga yang ingin membantu dalam program OPG ini, dapat menyambangi Kantor Cabang ACT Kalsel di Jalan Pramuka No 19B, Banjarmasin. (AN/SR