PROGRAM STUDI S1 ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PELUANG BEKERJA DI BIDANG KESEHATAN

BBS-NEWS. ID - BANJARMASIN  :  Rumah Sakit menjadi harapan dalam penanganan pandemi covid 19 dan kesulitan masyarakat untuk mendapatkan layanan rumah sakit, mendapatkan tempat tidur di rumah sakit, karena keterbatasan jumlah dan juga keterbatasan tenaga kesehatannya.

Sehingga menurut Prof. Dr. drg. H. Rosihan Adhani,  S.Sos., M.S., Guru Besar dan Praktisi Dalam Bidang Kesehatan dan Rumah Sakit, 

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit yang dilaksanakan STIKES Abdi Persada Banjarmasin, sebagai sebuah peluang yang sangat bagus dan sangat berharga bagi para lulusan SLTA untuk bisa mengikuti pendidikan tersebut,  karena nanti para lulusannya sangat diperlukan oleh Layanan Kesehatan khususnya Rumah Sakit dan juga nanti diperlukan oleh Dinas Kesehatan.  

Dikatakan, Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit sebagai sebuah pilihan karena para lulusan ini berperan dalam hal menejerial. Dalam level menejemen (pimpinan) dan juga dalam departemen-departemen (unit-unit) kerja di setiap bagian yang ada di Rumah Sakit. Menangani seperti berkaitan sistim rekam medik dan admisi pasien dan perencanaan rumah sakit, pemeliharaan serta akreditasi, jaminan kesehatan dan berkaitan dengan keuangan, perencanaan anggaran, perhitungan tarif, juga berkaitan pengelolaan limbah medis, pemasaran rumah sakit dan berbagai hal yang berkaitan dengan seluk beluk kerumahsakitan. akan didapatkan pada program studi S1 Admnistrasi Rumah Sakit.

Prpogram ini kata Rosihan,  di Indonesia sudah lama dan di Kalsel baru beberapa kampus yang memiliki dan ini kesempatan yang bagus, karena  pihaknya menurut Rosihan, mempersiapkan program agar berjalan dengan baik dan lancar.

"Dengan mempersiapkan kurikulum dan belajar mengajarnya, termasuk fasilitas untuk mini hospital untuk para Mahasiswa agar tidak sekedar hanya untuk teori, tapi juga ada praktek," ungkap Rosihan.

Pihaknya juga menyiapkan jaringan-jaringan kerja dengan berbagai rumah sakit. Sehingga para lulusan sudah memahami dan kalau terjun sudah terbiasa dengan sistim kerja di rumah sakit dan sebagainya.(AN/Juns)