Keluarga Besar Forsiladi Kalsel Beri Pencerahan Dalam Hikmah Pandemi

Bbs-news.id, Banjarmasin - Kegiatan Keluarga Besar Forsiladi (Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) Kalsel, dalam rangka mengambil hikmah, karena menurut Keluarga Besar Forsiladi Kalsel Dr.H. Jarkawi, M.M.Pd., segala sesuatu itu tentu pasti ada hikmahnya. Berkaitan dengan kondisi sekarang ini kita  di PPKM level IV yang tentunya banyak hal yang berdampak secara psikologis. Maka pihaknya mempunyai pemikiran melakukan pendekatan secara relegius, perspektif keagamaan.

“Maka dari itu kita adakanlah suatu kegiatan diskusi bagaimana kita mengatasi gejolak-gejolak jiwa atau batin kita dalam hal perspektif agama. Maka dari itu kita adakan itu’” kata Jarkawi.

Diskusi dalam bentuk zoom meeting tersebut, yang digelar awal bulan September 2021 tadi, dengan toipik : Hikmah Di Balik Pandemi Covid 19 ; Meningkatkan Keimanan dan Produktiifitas Insani.

Dalam diskusi itu, kata Jarkawi, untuk masyarakat juga diberikan saran agar membaca Al-Qur’an setiap hari, dan tidak ada alas an untuk tidak bisa membacanya, “Ada seribu alasan itu hanya kamalasan saja,” tegas Jarkawi, sembari menyatakan, Al-Qur’an harus terus dibaca karena memberikan manfaat. Hal ini juga seperti yang disampaikan Dr. H. Amka, M.Si., dalam kegiatan diskusi tersebut. Dengan kata lain, ungkap Jarkawi, agama yang kita kuatkan.

Untuk sementara ini, keberadaan Forsiladi Kalsel masih ditulis Keluarga Besar, dan SK-nya sudah diusulkan serta DPP yang nanti mengeluarkan SK-nya dan setelah ituada berbagai kegiatan pengabdian yang dilakukan Forsiladi nantinya.

“Untuk sementara karena itu belum turun SK, maka itu di situ kami tulis Keluarga Besar. Sudah izin juga dengan DPP itu bahwa Beliau menyatakan gunakan saja dulu Keluarga Besar Forsiladi sebagai untuk sosialisasi,” Jarkawi menambahkan.

Selain zoom meeting, ada rencana Tri Dharma yang akan dilakukan Forsiladi Kalsel nantinya, yang dikatakan Jarkawi, berupa pertumbuhan dan pengembangan pengetahuan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, untuk kemaslahatan.

“Jadi Forum Doktor itu berkumpul, tentunya memberikan suatu proses edukasi. Nah, fokusnya, peneltian, pengabdian, sama edukasi juga pengembangannya,” ungkap Jarkawi.

Doktor yang tergabung multi disiplin ilmu. Ada yang dari Kesehatan, Lingkungan Hidup, Pendidikan, dan Hukum serta yang lainnya, yang terkumpul para Doktor dengan multi disiplin ilmu. Tidak hanya satu spesialisasi disiplin ilmu saja.

Diinformasikan, saat ini sebelum menerima SK dari Pusat, kegiatan Forsiladi Kalsel masih bersifat berkumpul para Keluarga Besarnya. Setelah SK keluar dan dilakukan pelantikan, menurut Jarkawi, mereka informasikan keberadaan mereka kepada berbagai instansi. Demikian juga jika nantinya kegiatannya ada bersifat masukan, akan mereka sampaikan kepada Pemerintah Daerah.(AN/Juns