Pelatihan Skrining Kegawat Darutan Jantung dan Henti Jantung Pada Kader Posyandu di Desa Benteng Tengah Oleh Tim Kesehatan ULM Banjarmasin

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan ULM Banjarmasin

Bbs-news.id,Martapura - Kegiatan pelatihan dilakukan oleh tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Ilmu Keperawatan (PS Kep) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. 

Sasaran kegiatan adalah para kader posyandu remaja yang sudah terbentuk sejak Mei 2021 di desa Keliling Benteng Tengah. Jumlah kader yang terlibat sebanyak 7 orang. 

Materi pelatihan dibawakan oleh tim yang terdiri dari Abdurahman Wahid, Ns., M. Kep (ketua tim), Mustika Rahmadanti, S. Kep., Ns (Anggota), dan Shanisa Mairestika, S. Kep., Ns (anggota). 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2021 di desa Keliling Benteng Martapura. 

Materi pertama yang diberikan adalah metode skrining atau penapisan resiko kegawat – daruratan kardiovaskuler. Metode yang dipakai adalah Risk based management yang dibuat oleh World Health Organization (WHO). 

Instrumen ini berguna untuk memperkirakan peluang seseorang untuk mengalami kejadian kegawat – daruratan kardiovaskuler (semisal serangan jantung) dalam 10 tahun kedepan. 

Diharapkan dengan mengetahui resiko, masyarakat akan bisa menyesuaikan gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menyesuaikan faktor resiko yang ada pada dirinya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pertolongan pertama pada kejadian henti jantung di masyarakat. Pada kesempatan ini, para kader belajar melakukan resusitasi jantung paru (RJP) dengan metode chest compression only (Kompresi dada tanpa bantuan nafas buatan. 

Keterampilan ini sangat berguna dalam menghadapi kondisi henti jantung, dimana sebenarnya masyarakat bisa melakukan RJP sambal menunggu bantuan tim kesehatan tiba. (AN/Abd.Wahid