Forkomwil Puspa Kalsel Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Keluarga Untuk Warga Murung Raya

Bbs-news.id, Banjarmasin - Rasa aman, merupakan cikal bakalnya dari pribadi-pribadi di masyarakat dengan orangtua sebagai role modelnya.

Demikian inti Pencegahan Kekerasan Keluarga yang disampaikan Psikolog Ermina Istiqomah dan A. Syahid Hamid dari Forum Anak dan Remaja Banjarmasin, yang disampaikan Kamis 18 November 2021, dalam kegiatan yang dilaksanakan  ini  di Kelurahan Murung Raya, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Wilayah (FORKOMWIL) Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) ini,  dihadiri  para Orangtua dan Remaja, dengan tema Meningkatkan Rasa Aman Di Kalangan Orangtua Dan Anak.

Dalam paparannya, Ermina menyebutkan, modal utamanya dengan bersikaf positif serta tidak negatif thinking dan membuka wawasan terhadap lingkungan. 

“Dari pribadi pribadi akan dirasakan oleh anggota keluarga masing masing, kemudian membentuk masyarakat yang beraura hingga menjadi dasar  bernegara yang positif pula,” ujar psikolog dari Universitas Lambung Mangkurat ini.

Sementara, Syahid Hamid menyebutkan, dalam praktiknya peran Orangtua sangat utama selaku role model. Dikatakan,  Orangtua yang berprilaku temperamental dalam keluarga, dalam kurun waktu lima tahun kedepannya akan melahirkan anak anak yang temperamental pula.

“Ketika Orangtua suka memukul anak-anaknya, pada saat itu bisa saja tidak terjadi perlawanan tetapi lima tahun kedepan si anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang kasar, baik terhadap Orangtua ataupun temannya, karena mereka meniru apa yang sudah dilakukan Orangtua terhadap dirinya,” ujar Syahid.(AN/Juns)