Keberhasilan Tagana Kalsel 2021

Bbs-news.id,Banjarmasin  -  Banyak keberhasilan penanganan bencana yang telah dilakukan Taruna Siaga Bencana  (Tagana) Kalimantan Selatan selama 2021.

Pembina Tagana Kalsel Achmadi S.Sos yang juga Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Kalsel menginformasikan catatan keberhasilan tersebut, Kamis (6/1/2022).

Untuk kegiatan Operasi Kemanusiaan Bencana Alam Banjir dan Banjir Bandang Januari 2021, berupa 5 lokasi Dapur Umum (DU) yaitu : 2 lokasi di Kabupaten Banjar, 1 lokasi di Kabupaten Tanah Laut dan 1 Dinas Sosial yang meliputi Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut. 

Selain itu, 1 lokasi pasca banjir di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang berhasil membangun 1 jembatan gantung, 3 jembatan darurat, 1 rumah disabilitas dan 1 kilometer sarana air bersih.

Kata Achmadi, juga diberikan bantuan sembako untuk masyarakat di pinggiran sungai Martapura, Kabupaten Banjar, sebelum datangnya banjir besar Januari 2021.

Untuk pelayanan dapur umum bencana banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, sebanyak 2 lokasi.

"Sangat  berhasil menangani penyintas bencana, walaupun serba keterbatasan. Luasnya areal bencana, sarana prasarana serba kurang. Personil penanggulangan bencana sangat kurang," ungkap Achmadi.

Keberhasilan lainnya, termasuk dalam hal Penanganan Bencana Sosial di beberapa lokasi kebakaran dengan cepat dan terukur, serta memberikan bantuan Tanggap Darurat untuk meringankan beban derita penyintas bencana sosial.

Dalam hal kerjasama, disebutkan kerjasama yang sangat baik bersama Kemensos RI dan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan dalam penanganan bencana selama tahun 2021 dan akan terus ditingkatkan.

Demikian juga penyiapan bantuan di garis terdepan bencana pada setiap Kecamatan di Kalsel. (Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

"Kabupaten Kotabaru meliputi Kecamatan Hampang, Pulau Sembilan, Sampangan dan Sampanahan. Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah meliputi Kecamatan Hantakan, Barabai, Pandawan, dan Labuan Amas Utara. Di Kabupaten Tapin meliputi Candi Laras Selatan dan Binuang. Sedangkan Kabupaten Banjar, meliputi Martapura Barat, Martapura Timur dan Sungai Tabuk. Walaupun Kabupaten Banjar hanya lauk pauk," jelas Achmadi.

Tagana Kalsel di 2021 juga berhasil mendirikan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kalimantan Selatan ada 22 lokasi, kecuali Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarmasin.

Penanganan Bencana Non Alam seperti Vaksinasi Covid 19 di tiga lokasi. Menurut Achmadi, untuk Pangkalan Kapal Tagana Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur sebanyak 200 orang, di Pangambangan Rt 8 Kecamatan Banjarmasin Timur sebanyak 244 orang dan di Murung Selong Kecamatan Banjarmasin Timur sebanyak 167 orang. 

"Target Pemprov Kalsel bagi Dinas Sosial sebanyak 130 orang, yang berarti melebihi target yang ditetapkan Pemerintah Provinsi ditambah 150 orang vaksin. Apa yang dilakukan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan dengan melakukan pendekatan vaksinasi bergerak langsung ke pemukiman masyarakat yang sangat efektif dilakukan," pungkasnya.(Andra/juns)