Konsep Smart School dan Penerapannya Di Indonesia; Menggagas, Merakit, Kukuhkan Keunggulan

Bbs-news.id, Makassar - Smartschool adalah sistem yang diciptakan untuk mendigitalkan seluruh aspek yang ada di sekolah, meliputi pembelajaran, manajemen sarana dan prasarana sekolah, dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Penelitian yang dilakukan konsultan Gallup, Inc dari Amerika Serikat mengeluarkan survei mengenai penggunaan teknologi pendidikan di sekolah. Laporan tersebut menunjukkan bahwa setelah sekolah dan perguruan tinggi memperkenalkan teknologi menunjukkan tingkat keterlibatan siswa dalam proses belajar meningkat sebesar 55%. Maka tak heran, jika smart school menjadi konsep yang perlu diterapkan sekolah masa kini.

Konsep smart school merupakan ekosistem pendidikan sekolah yang menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari proses belajar mengajar hingga manajemen dalam sekolah tersebut.

David Perkins dalam bukunya Smart Schools: From Training Memories to Educating Minds, menjelaskan konsep smart school yang memiliki tiga karakter, yaitu: 

Informed: pihak guru, murid hingga administrasi sekolah dapat memahami pemikiran manusia dan  struktur sekolah serta cara kerjanya secara baik.

Energic: menumbuhkan energi positif terhadap struktur sekolah, gaya sistem administrasi serta perlakuan guru dan murid.

Thoughtful: ramah, peduli dan sebagai tempat yang penuh perhatian dimana saling memahami kebutuhan satu sama lain dan bagaimana memperlakukan satu sama lain.

Tidak hanya didukung karakter tersebut, sekolah yang menerapkan konsep smart school sudah memiliki fasilitas perangkat keras digital, seperti proyektor, laptop, komputer dan tablet bahkan VR (Virtual Reality). Tak cukup itu saja, sekolah juga aktif menggunakan digital platform dan aplikasi pendidikan seperti LMS (Learning Management System) yang mendukung proses belajar dan mengajar hingga komunikasi antar guru, siswa dan orang tua.

Manfaat Smart School untuk Sekolah Adanya penerapan konsep smart school, sekolah akan memiliki dampak yang signifikan, yaitu:

Mudah dan praktis Murid tidak perlu harus membeli produk seperti buku tulis atau pelajaran setiap semester. Karena yang dibutuhkan cukup perangkat laptop, jaringan internet serta gadget lain yang dapat digunakan setahun lebih. 

Memperluas akses informasi Seperti yang kita tahu bahwa teknologi memberikan akses tanpa batas untuk mencari berbagai informasi. Guru dan murid dapat mengakses informasi di mana pun dan kapan pun mengenai pengetahuan yang berhubungan dengan mata pelajaran. Bahkan memberikan informasi pengetahuan lebih mendalam yang tidak dibahas di kurikulum namun berhubungan dengan kurikulum pelajaran tersebut.

Pengalaman belajar interaktif Manfaat dari konsep smart school lainnya adalah memberikan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan terlibat lebih dalam memahami pelajaran secara nyaman dan kedekatan dengan guru, seperti memberikan kuis atau online test. 

Melibatkan orang tua murid tidak hanya komunikasi guru dan murid, smart school juga memberikan keterlibatan orang tua untuk berkomunikasi dengan guru secara efisien seperti melalui aplikasi classroom management.

Ramah Lingkungan Sudah pasti dengan mengurangi penggunaan bahan kertas sebagai media belajar, maka smart school sudah mendukung gerakan ramah lingkungan.

Penerapan Smart School di Indonesia Meski belum merata, namun konsep smart school sudah diterapkan di beberapa sekolah yang ada di Indonesia. Terutama pada situasi pandemi saat ini yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dari rumah, maka peran teknologi digital semakin meningkat dan sangat dibutuhkan.

Contoh penerapan smart school yang ada di Indonesia yaitu Smart School Indonesia di Palembang dengan kurikulum berbasis entrepreneur untuk tingkat TK sampai SMA. Sekolah dengan standar internasional ini dilengkapi fasilitas tech space untuk belajar coding, robotic hingga eSport. Di sini, murid dilatih untuk menciptakan ide baru didukung skill serta karakter mereka untuk kedepannya.

Itulah gambaran konsep smart school dalam menerapkan pembelajaran saat ini. Meningkatnya kebutuhan teknologi digital didukung konsep smart school membawa Acer for Education menghadirkan ACER SMART SCHOOL AWARDS 2021, yaitu penghargaan berskala nasional kepada sekolah yang siap menerapkan teknologi digital di sekolah. Penghargaan ini terbuka untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dengan total hadiah lebih dari Rp500 juta.  ⁣Ayo daftarkan sekolah Anda di sekarang melalui acerforeducation.id/schoolawards.

Smartschool adalah sistem yang diciptakan untuk mendigitalkan seluruh aspek yang ada di sekolah, meliputi pembelajaran, manajemen sarana dan prasarana sekolah, dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar di sekolah.(Andra/juns)