Ta'mir Ramadhan Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin Dengan 17 Kegiatan Dalam 4 Syiar

Ketua Pengurus Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin

Bbs-news.id, Banjarmasin  -  Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin di Jalan HKSN Rt 19 Kelurahan Kuin Utara Banjarmasin, dalam Bulan Ramadhan ini hingga 6 hari setelah Idul Fitri, menggelar 17 kegiatan. Ke 17 kegiatan ini dibagi dalam 4 syiar, yang pertama Syiar Ibadah, meliputi kegiatan Buka Puasa Bersama, Shalat Tarawih Berjamaah, Tadarus Al-Qur’an, I’tikaf dan Sahur Bersama (10 malam terakhir Ramadhan), Shalat dan Khotbah Idul Fitri, dan Puasa 6 Hari Syawal. 

Untuk Syiar yang kedua, yaitu Syiar Dakwah dan Pendidikan, meliputi Tausiah Tarawih dan Subuh (2 April - 1 Mei 2022), Baitul Arqam Untuk Remaja Mesjid  se Kota Banjarmasin (8-10 April 2022), Roadshow Syeikh dari Palestina, Pesantren Ramadhan untuk Anak dan Remaja (22-24 April 2022), dan Aneka Lomba Keagamaan untuk Anak dan Remaja (23-24 April 2022). 

Ketiga, Syiar Sosial Keumatan, meliputi kegiatan Khitanan Massal Gratis (23 April 2022), Donor Darah Umat (25 April 2022), Pembagian Peket Sembako Untuk Anak Yatim, Lansia & Dhuafa (27 April 2022), Pembagian Bingkisan Lebaran (28 April 2022), dan Penghimpunan dan Pembagian Zakat Fitrah, Fidyah dan Zakat Mal (2 April-1 Mei 2022). Syiar yang keempat, yaitu Syiar Ekonomi, kegiatan Gebyar Pasar Murah 922-24 April 2022). 

Dr Muhammad  Arif Budiman, selaku Ketua Pengurus Mesjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin mengatakan, sebagian kegiatan merupakan dalam bentuk pembagian paket untuk masyarakat.

“Sebagian adalah program-program yang sifatnya karitatif. Kita memberi bantuan, bingkisan paket sembako untuk Lansia, Anak Yatim dan Dhuafa. Kita menggelar  

Khitanan massal Gratis, Donor Darah dan pembagian zakat fitrah dan zakat mal dan juga kita sediakan ruang untuk UMKM membuka warungnya gerainya di Halaman Mesjid,” ungkap Arif.

Disebutkan, inti dari kegiatan mereka adalah untuk memberdayakan umat dalam berbagai bidang dan spiritualitas umat sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Jadi intinya semuanya sebenarnya kita dedikasikan untuk umat kita. Memberdayakan umat dalam berbagai bidangnya. Mulai dari pemberdayaan atau pengembangan ekonomi. Kemudian peningkatan spiritualitas umat melalui berbagai kegiatan ibadah dan ceramah yang mengedukasi masyarakat. Apa yang kita lakukan ini semuanya kita persembahkan untuk umat dan jemaah kita,” Arif menegaskan.

17 kegiatan dengan 4 syiar tersebut, menurut Arif, dalam kegiatannya ada penanggung jawab di tiap kegiatan. Sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar.(Andra/Juns