Jangan hanya kuliner saja tapi semua produk dimasukkan dalam UMKM

Banjarmasin,bbs-news.id  -  Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Juli 2022 yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi R I ,  Luhut Binsar Panjaitan dan di hadiri Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, membuka kegiatan puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas-BBI) 2022 dengan tema " Kegiatan GBBI Juli 2022 mengusung tema “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan” dan diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Juli 2022 yang diselenggarakan di Taman Nol Kilometer Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin, Jumat sore 22/07.

Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya, mengingatkan, UMKM jangan hanya diartikan kuliner saja, tapi semua produk dimasukkan dalam UMKM. Selain itu, menyinggung E Katalog, Luhut mengingatkan, agar lima Kabupaten yang belum masuk, untuk masuk dalam E Katalog karena dengan E Katalog hemat 20 sampai 25 persen, dan juga mencegah terjadinya korupsi serta membangun kreasi anak muda. Disebutkan, Gernas Bangga Buatan Indonesia solusi penguatan ekonomi dalam negeri.

Luhut mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin meningkat, sehingga diminta untuk membangun kekompakan, agar bisa membangun Indonesia welebih baik lagi. Disisi lain, dalam pertemuan dengan Kerajaan Arab Saudi, mereka mengakui Indonesia tempat investasi yang bagus. Ucap Luhut.

Luhut juga menyinggung kinerja ekspor yang bagus, cadangan devisa yang baik, serta keberhasilan hilirisasi, dana desa dan efesiensi.

Menyinggung dana desa, menurut Luhut, dana desa dari Pusat dan berputar di desa.

“Dana Desa yang tidak membuat goncang ekonomi. Karena dana tersebut dari pusat berputar di desa. Sehingga pembangunan tingkat atas, juga terjadi di desa,” ungkapnya.

Sementara itu,  melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,  Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor  mengharapkan, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan UMKM termasuk mengajak Masyarakat di Kalsel maupun di Indonesia secara keseluruhan untuk bangga menggunakan produk lokal.

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan sinergi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemprov Kalsel, Bank Indonesia dan Instansi Terkait lainnya dalam mendukung pengembangan UMKM guna pemulihan ekonomi di Kalsel,” ucap paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel ini.

Dalam pembukaan GBBI Juli 2022 di Kalsel ini, turut memberikan sambutan melalui Vidio Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno  Menteri Kelautan dan Perikanan  RI Sakti Wahyu Trenggono,   dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.(SR) 

Editor : AN