Meriahkan hari Jadi Provinsi Kalsel paman Birin ikut olahraga tradisional menyumpit

Banjarmasin, Bbs-news.id  -  Dalam rangkaian hari Jadi Provinsi Kalsel ke 72 , Gubernur Sahbirin Noor ikut serta berpartisipasi mengikuti berbagai lomba dalam Festival Olahraga Tradisional di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin ditutup sementara dan arus lalulintas dialihkan kejalan lain untuk di jadikan berbagai olah raga tradisional dan hiburan rakyat  Minggu (14/8/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan yang akrab disapa Paman Birin ini nampak bersemangat mengikuti berbagai lomba Festival Olahraga Tradisional seperti  Menyumpit, balogo dan lomba makan kerupuk,

Paman Birin mengatakan, Festival Olahraga Tradisional ini merupakan olahraga yang merupakan tradisi dan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dijaga.

Paman Birin menuturkan, Kegiatan ini merupakan semarak kemeriahan dalam Rangka Hari Jadi Provinsi ke 72 yang mana sebelumnya ada festival pasar terapung dan saat ini Festival Olahraga Tradisional.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, kemeriahan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan juga dapat dirasakan oleh masyarakat banua,” ucapnya.

Turut hadir dan mendamping Gubernur dalam kegiatan tersebut dan ikut lomba  tradisional diantaranya Forkompimda, Kepala Pwk BI Kalsel, Dirut Bank Bank Kalsel , Sekdaprov Kalsel dan beberapa SKPD

DR,Taupik Arbain, S.Sos, M.Si selaku pengurus   FORMI Kalsel ketua bidang olahraga tradisional mengatakan, "luar biasa dukungan partisifasi dari berbagai pihak termasuk dengan leading sektor kita dari Dinas Pemuda dan Olah raga Kalimantan Selatan", ucapnya.

Taupik menambahkan  tujuan di hari Provinsi Kalsel ini dalam rangka mengembangkan olah raga tradisional ini melakukan sosialisasi dan edukasi yang selama ini sangat dikenal oleh masyarakat Kalimantan Selatan, maka yang di harapkan Paman Birin selaku ketua FORMI setiap even even apapun Formi harus hadir di tengah masyarakat, agar menginggatkan kembali, mengembangkan kembali, membumikan olah raga tradisional khususnya olah raga tradisional Kalimantan Selatan. Kata Dosen Fisip ULM ini. (SR) 

Editor : AN