Menguak Sejarah Budaya di Hulu Sungai, Yayasan Kerukunan Rama Andin Kalimantan Akhirnya Berdiri

Banjarmasin,Bbs-news.id  -  Dihadapan Notaris Nur Alia di Banjarmasin resmi dilakukan Penandatangan Pendirian Yayasan Kerukunan Rama Andin Kalimantan Selatan atau disingkat KERAKATAN 

Yayasan ini diketuai oleh dr Andin Meldy Muzalfa Elfa yang merupakan salah satu Tokoh Muda Keturunan Andin dari kampung Palajau Hulu sungai Tengah, sekretaris Yayasan diemban oleh Andin Alfianoor Ansyarullah Naim.

Yayasan Rama Andin Kalimantan Selatan dibentuk berdasar dorongan dari berbagai keluarga keturunan Rama Andin yang tersebar diseluruh Nusantara agar ada wadah untuk bisa bersilaturahmi dan melestarikan sejarah serta tradisi keluarga kepada generasi muda mereka, baik keluarga di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. 

Selama ini keluarga Rama Andin hanya bersilaturahmi pada kelompok-kelompok keluarga mereka masing-masing diberbagai daerah.Jumat, (9/9/2022) 


Rama Andin sendiri merupakan gelar  untuk  keturunan Bangsawan Kerajaan Daha di Hulu sungai Kalimantan selatan. 

Meski hari ini gelar Rama dan Andin jarang dipakai oleh keturunannya namun masih populer dan dikenal di Hulu Sungai, keluarga-keluarga yang merupakan keturunan Rama dan Andin masih diketahui dan dihormati serta masih berperan penting hingga hari ini dalam berbagai tingkatan masyarakat. 

Beberapa pendapat juga menyebutkan Rama Andin juga dikenal sebagai percampuran dari para bangsawan kerajaan Daha dan Pengislam utusan Kerajaan Demak di Hulu sungai.

Gelar Rama dan Andin seyogyanya merupakan gelar yang berbeda namun sangat khas berasal dari Hulu Sungai yang dahulu merupakan pusat dari Kerajaaan Daha. Rama adalah sebutan kehormatan bagi seorang Andin yang dituakan dan dihormati, sedangkan andin adalah gelar yang didapatkan semenjak dia lahir, gelar Andin diberikan baik kepada laki-laki ataupun perempuan, sedangkan Rama hanya diberikan kepada laki-laki saja dan tidak semua Andin bisa mendapatkan gelar Rama. 

Gelar Andin sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan oleh bangsawan Hulu sungai, gelar Andin juga ada di Kerajaan-kerajaan lain seperti di Kerajaan Banjar, Kerajaan Pasir, Kerajaan Kotawaringin, Kerajaan Bulungan, dan juga beberapa Keluarga Dayak di Kalimantan Tengah yang menggunakan nama Belakang Andin. Namun perbedaan utama dari Rama Andin Hulu sungai adalah gelar Rama yang menandakan hubungan mereka dengan Maharaja Sukarama di Kerajaan Daha.

Sebaran Keturunan Rama Andin banyak ditemui di seluruh Hulu sungai, yang terkenal ada di barabai sebagai Pusat dari sisa-sisa kerajaan Daha dibawah Pangeran Tumenggung Raja terakhir Kerajaan Daha dimana Para Rama Andin merupakan Penguasa dan Pemimpin politik utama di Barabai selama ratusan tahun, Keluarga Rama Andin juga banyak  ditemui di saMargasari, Rantau, Negara, Kandangan, amuntai dan sungai Balangan, Kalua, dan Tanjung tabalong. 

Keluarga Rama Andin juga banyak bermigrasi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, Jambi, Riau, dan Sumatera Utara. Keturunan Rama Andin Juga banyak bermukim dan Pulau Jawa, juga ditemui di Ende Nusa Tengga Timur dan beberapa wilayah di Pulau Sulawesi. 

Sebaran signifikan Keluarga Rama Andin di luar negeri ada di Malaysia, kemudian disusul Singapura, Brunei Darussalam dan Mekkah.

Harapannya Yayasan Kerukunan Rama Andin Kalimantan Selatan bisa mendorong penelitian dan penulisan sejarah Hulu sungai dan berpartisipasi dalam pengembangan budaya di Hulu sungai.(Andra) 

Editor : Aan