Bawa Bekal Ke Sekolah Hindari Makanan Tidak Sehat

 

Banjarmasin, Bbs-news.id  -  Kegiatan membawa bekal makanan ke sekolah, dalam upaya agar anak didik lebih sehat dan tidak jajan di luar yang menurut Samanuddin, selaku Wakasek kesiswaan SMPN 8 Banjarmasin, bisa mengandung zat pewarna maupun zat pengawet. 

"Yang penting kita mengupayakan untuk makan bersama itu untuk mengurangi jajan di luar. Supaya jangan ada makanan yang mengandung zat pewarna, zat pengawet dan sebagainya. Jadi menghindari itulah. Kalau untuk membawa bekal, setiap hari. Nanti ada orangtua yang tiap jam 11 ada orangtua yang membawakan bekal ke sekolah. Tiap hari membawa bekal," ungkap Samanuddin.

Sedangkan Putri Laily Humairo SH selaku orangtua, menanggapi program membawa bekal makanan ke sekolah, menurutnya itu lebih bagus, karena bisa lebih mengontrol kebutuhan anak dan juga lebih higienis. Selain itu, sehat serta lebih aman, karena juga terkontrol kadar nutrisinya. Dirinya menurut Putri, memilih bekal untuk anak juga dilakukan lebih selektif. Hal ini juga menghindari anak jajan di luar yang kemungkinan ada zat pewarnanya. Dalam membawakan bekal, untuk istirahat pertama berupa makanan ringan, dan istirahat kedua makanan agak berat.

"Juga itu menghindarkan anak-anak kita mengkonsumsi makanan yang mohon maaf, bila di kantin atau jajanan di luar sana menggunakan zat-zat pewarna bagi anak. Kita tidak tahu pewarnanya itu dari mana. Sedangkan yang kita tahu, anak-anak suka dengan berbagai warna dan rasa. Manfaatnya juga jika kita bawa bekal sendiri, kita bisa mengontrol nutrisi pada anak, lengkap atau tidaknya. Dari pagi itu sudah standby istirahat pertama sampai istirahat kedua itu dia bawa bekal. Istirahat pertama makanan-makanan ringan. Istirahat kedua kira-kira pukul 11 pukul 12 makanannya yang berat. Sudah disiapkan dari rumah dan tiap hari menunya berbeda-beda," ungkap Putri.

Sementara itu, Jumansyah SPd MPd, selaku Kepsek SMP Muhammadiyah 6 Banjarmasin menyatakan, kegiatan membawa bekal makanan ke sekolah, akan diterapkan di SMPM 6 Banjarmasin, setelah sekolah ini, menerapkan full day.

"Kedepannya mungkin nanti kita akan menerapkan juga full day sampai Ashar. Dan itu nanti mungkin disuruh membawa bekal sendiri," ungkap Jumansyah.

Di SMPN 8 Banjarmasin, setiap Jumat ketiga, ada program makan bekal bersama dengan dewan guru dan kepsek di lapangan. Kata Samanuddin, di sini terjalin keakraban bersama.(jn)