5.408 Jama'ah Haji akan Diberangkatkan dari Embarkasi Banjarmasin

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin

Banjarbaru, Bbs-news.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin merilis persiapan pemberangkatan Jemaah Haji Tahun 2023/ 1444 Hijriah di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

“Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 3.818 jemaah haji Kalimantan Selatan dan 1.590 jemaah haji dari Kalimantan Tengah,” kata Muhammad Thambrin, Minggu (28/5/2023).

Jemaah haji terbagi dalam 17 Kelompok Terbang (Kloter), 12 kloter penuh jemaah haji Kalsel dan 4 kloter penuh jemaah haji Kalteng ditambah 1 kloter gabungan dari jemaah haji Kalselteng.

“Fase pemberangkatan jemaah haji dimulai pada tanggal 28 Mei, hari ini sampai dengan tanggal 22 Juni mendatang,” lanjutnya.

Sedangkan fase pemberangkatan dimulai, ditandai dengan masuknya jemaah haji kloter pertama ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar pada hari ini.

Pemberangkatan kloter pertama menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 8101, dijadualkan berangkat pada Senin 29 Mei 2023 pukul 13.50 WITA melalui Bandar Udara Internasional  Syamsuddin Noor.

Selanjutnya akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah pada Senin pukul 21.10 WAS.

Kloter pertama berjumlah 323 orang berasal dari Kabupaten Banjar ditambah 5 orang petugas kloter, 1 Ketua Kloter, 1 Pembimbing Ibadah, 1 Dokter Kloter dan 2 Perawat.

“Pada kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua, untuk dapat bersama-sama mensukseskan operasional penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Banjarmasin serta mendokan agar semua jemaah haji senantiasa diberikan kemudahan, keselamatan serta perlindungan dari Allah SWT selama melaksanakan rangkaian ibadah haji hingga memperoleh haji yang mabrur,” tutup Muhammad Thambrin. (Andra)