Petani Milineal Dapat Hibah Kompetitif Dari Kementan

Bbs-news.id, MARTAPURA - Upaya Kementerian Pertanian untuk mencetak banyak petani milenial memberikan semangat baru dalam menunjang kemajuan sektor pertanian Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebelumnya dalam sejumlah kesempatan  menegaskan pihaknya memberikan perhatian terhadap eksistensi generasi milenial. Kementerian Pertanian sendiri terus melakukan terobosan untuk meningkatkan produksi pertanian di berbagai komoditas. Salah satu caranya adalah melalui peningkatan minat generasi muda untuk bertani.

Untuk mencetak petani milenial yang kompeten dalam berusaha tani,sejumlah pelatihan dan edukasi diberikan. Salah satunya melalui program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) yaitu program kerja sama antara Kementan dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang dilaksanakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Nah, tak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan tehnis, petani-petani milenial ini pun disuplai permodalan untuk menunjang program-program yang mereka tawarkan dalam mendorong pertumbuhan usaha sektor pertanian yang dilakukan petani milenial. Dukungan Kementan antara lain berupa bantuan modal usaha melalui kegiatan Hibah Kompetitif. Salah satu penerima bantuan hibah kompetitif adalah diterimanya dana hibah pada  sejumlah petani milenial di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Kegiatan Competititive Grant merupakan bagian dari program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS).  Berdasarkan data Kementan Lokasi pelaksanaan hibah kompetitif program YESS di Indonesia tersebar di 15 kabupaten di empat provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Penanggungjawab Program YESS Provinsi Kalsel, Budi Santoso, SST. MSi kepada wartawan di Martapura ,mengatakan mereka yang mendapatkan bantuan hibah kompetitif ( Competitive Grant ) adalah wirausaha muda penerima manfaat program YESS di perdesaan dan pernah mendapatkan pelatihan dari program YESS.

“ Dari total keseluruhan Rp.3,2 miliar untuk Kalimantan Selatan, untuk Kabupaten Banjar tahap pertama ini yang lolos  adalah 7 orang  calon peneriima manfaat (CPM)  dari program YESS dengan nilai 489.900.000,” jelas Budi Santoso, usai mengikuti prosesi penyerahan Hibah Kompetitif secara simbolis bersama Bupati Banjar, H.Saidi Mansur, di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (20/09/2021).

Selanjutnya  menurut Budi Santoso dalam proses verifikasi tahap kedua rencananya di Kabupaten Banjar ada 10 orang petani milineal (calon penerima manfaat) dengan nilai sebesar Rp.767.000.000. Sedangkan di Kalsel Untuk tahap pertama ini telah diusulkan sebesar Rp.1,9 Miliar, dan mendapat persetujuan senilai hampir Rp.1,6 miliar.Untuk tahap kedua jumlah proposal yang diajukan  ke Kementerian Pertanian mencapai 26 proposal.

Berdasarkan data, pada tahap pertama ini sedikitnya 7 (tujuh) orang petani milineal menerima bantuan dana hibab kompetitif Program YESS, yang diserahkan secara simbolis oleh Penanggung Jawab Program PPIU Kalimantan Selatan Bapak Budi Santoso bersama Bupati Banjar, H.Saidi Mansur. Mereka yang menerima hibah antara lain Riki Yakub (Ternak Itik) Rp 56,7 Juta, Hendra Prasetyo (Ternak Kambing) Rp94,5 Juta, Abdul Rohim (Pemasaran Bokar) Rp 84 Juta, Muhammad Noor (Ternak Ayam Sumber Rezeki ) Rp78 Juta, Muhammad Subki (Ternak Itik Petelor) Rp75 Juta, Rifana Ayu Wardani (Peternakan Kambing) Rp 57 Juta dan Muhammad Syarwani (Ternak Itik) Rp44,7 Juta.

“ Mereka yang mengikuti program ini dan mendapatkan dana hibah, harus memiliki usaha di bidang pertanian yang sudah berjalan dan berpotensi untuk dikembangkan lebih jauh. Untuk hibah ini akan kami pantau sampai 2 tahun, apakah berhasil atau tidak.Mudah-mudahan berhasil menjadi petani milineal yang mandiri,” harap Budi Santoso.

Plt Kadis TPH Banjar, HM Riza Dauly mengungkapkan keberadaan para petani milineal ini memberikan kegembiraan di tengahnya minimnya minat anak muda terjun ke sektor pertanian.Karenanya Kementrian Pertanian melalui program YESS ini dapat menumbuhkan kewirausahaan berkesinambungan.

“ Potensi kabupaten banjar di sektor pertanian cukup besar. Tentunya peluang usaha yang bisa dikerjakan dan dimanfaatkan generasi muda dalam melahirkan inovasi baru pengembangan dan optimalisasi pertanian,” ujar Riza Dauly.

Sementara Rifana Ayu Wardani, salah seorang penerima dana hibah kompetitif, mengatakan bantuan hibah sendiri rencana ia kembangkan dalam memajukan usaha peternakan kambing yang dilakukan. Sehingga ke depannya melalui permodalan usaha ini dirinya berharap bisa memberikan manfaat dan menunjang perbaikan ekonomi saat ini.

“ Alhamdulillah kami sangat berterima kasih sekali dengan pemerintah melalui Kementerian Pertanian, memberikan dana hibah kompetitif yang nanti dapat membantu mengembangkan usaha kami sesuai program Kementerian Pertanian, yakni Program YESS,”ucap Rifana Ayu Wardani terharu. (Olpah Sari Risanta- Agus Diannor)