Ngeces Baterai Kendaraan Listrik Cukup Di SPKLU Pemprov Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sabirin Noor Meresmikan langsung SPKLU di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel

Banjarbaru, bbs-news.id – Pemerintah terus mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di tanah air. Pengunaan kendaraan listik sendiri salah satu upaya mendorong penciptaan ekosistem industri atas kendaraan listrik.Ekosistem ini dipercaya menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar fosil.

Salah satu upaya untuk mendorong percepatan tersebut adalah ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).  Sebagai salah satu regulator PT PLN (Persero) pun terus menggenjot pendirian SPKLU yang tersebar di 238 lokasi di Indonesia. PLN sendiri termasuk gencar membangun SPKLU untuk memastikan ketersediaan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik. Tujuannya agar masyarakat Indonesia tidak ragu untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Di Kalimantan Selatan telah hadir Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. SPKLU akhirnya diresmikan langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H.Sahbirin Noor, Jumat pagi (30/12/2022).Tercatat SPKLU ini merupakan yang pertama di perkantoran yang ada di Kalimantan Selatan dan ketiga di Kalimantan.

Gubernur Kalsel pun mengapresiasi langkah tepat PT PLN (Persero) yang membantu percepatan penggunaan kendaraan listrik yang hemat energi.Bagi Pemprov Kalsel sendiri kehadiran SPKLU momentum meningkatkan ekosistem kendaraan listrik  dan program percepatan kendaraan listrik  di Kalsel.

“Saya terkesan dengan kendaraan listrik ini, saat mencoba ini tidak berbunyi berisik dan tidak berasap. Kalau tidak berasap sudah tentu udara dan lingkungan tidak tercemar dan kita terhindar dari ISPA. Saya minta Pak Sekda dan SKPD di Pemprov Kalsel tahun 2023 untuk menganggarkan pembelian kendaraan listrik untuk operasional. Kita mulai dari Pemprov Kalsel dulu,” ucap Paman Birin, usai meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bersama GM PLN Kalselteng, Johar Arifin.

Paman Birin sendiri terkesan dengan kendaraan listrik ini. Dirinya pun menilai kendaraan ini merupakan transformasi sarana transportasi yang lebih efektif, murah biaya, tanpa asap dan tak berbunyi. (Andra-Irfani)