WEBINAR KEMITRAAN USAHA UMKM DENGAN PLATFORM MARKETPALACE SHOPEE

BBS-NEWS. ID - BANJARMASIN  :  Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Dirjen Perdagangan Dalam  Negeri Kemendag RI, melaksanakan kegiatan Webiner Kemitraan Usaha UMKM dengan platform  Marketplace Shopee, Kamis 29 Juli 2021 khusus kelas UMKM Kalsel dengan jumlah peserta terdaftar 206 UMKM dari perwakilan 13 Kabupaten/Kota se Kalsel.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan akses pasar bagi produk UMKM melalui penjualan secara online dengan bermitra marketplace Shopee.

Nara sumber, Leo Kevin, banyak sekali membekali para pelaku UMKM Kalsel tentang pentingnya mengelola branding agar tampil menarik dalam promosi dan penjualan online, bahkan secara teknis dalam pemanfaatan Marketplace, tentunya pengetahuan tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kualitas produknya.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Drs. H. Birhasani yang dalam kesempatan tersebut diminta memberikan sambutan dan motivasinya mengatakan,  bahwa pelaku UMKM sudah saatnya memanfaatkan pasar online.

"Karena pasar online punya keunggulan, antara lain berjualan di online modalnya lebih murah dibanding offline, karena tidak perlu sewa bahkan beli toko, jangkauan pasarnya lebih luas, nasional bahkan internasional, tidak memerlukan waktu khusus, bahkan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan para ibu-ibu rumah tangga," ungkap Birhasani.

Namun Birhasani menegaskan, diperlukan keuletan, skill yang baik dalam penguasaan teknologi informasi dan kejujuran, serta komitmen untuk menjamin kualitas.

"Pasar online ini keberadaannya tidak saja dimasa pandemi seperti sekarang ini, tetapi bahwa setelah pandemi berakhir sekalipun, eksistensinya justru semakin perlu, seiring dengan kemajuan teknologi informasi, dan kecendrungan konsumen yang sudah mulai terbiasa berbelanja secara online," pungkasnya.

Menurut Birhasani, UKM  sangat antusias mengikutinya, karena dalam waktu pendaftaran online selama 3 hari, yang mendaftar 206 UMKM. Padahal targetnya maksimal 200 peserta.

Komentar para pesertapun sangat positif. Katanya, banyak pengetahuan baru yang didapatnya tentang branding, tentang bagaimana mengolah tampilan produk dalam promosi online dan mereka langsung mendapat bimbingan bagaimana buka toko di market place Shopee. 

Sedangkan tindak lanjutnya, peserta dipersilahkan langsung ikut jualan di Marketplace Shopee sesuai prosedur dan teknis yang telah disampaikan pada kegiatan tersebut.(AN/Juns)