Peduli Sesama, TNI AL Serbuan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Masyarakat Maritim

Bbs-news.id, Kotabaru - Dalam Rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke - 76,  TNI AL secara serentak melaksanakan kegiatan Serbuan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah Masyarakat Maritim.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak dan juga dilaksanakan secara vicon yang diikuti oleh Bapak KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M,  Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Irwan Isnurwanto,  Ketua PMI pusat H. Jusuf Kalla. Kamis (12/08/2021) .

Pangkalan TNI AL Kotabaru (Lanal Kotabaru) sendiri menggelar kegiatan tersebut di ruang serbaguna dan  diikuti oleh prajurit Lanal Kotabaru dan KRI Pari 849. 

Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto S.T. M. Han, kepada awak media mengatakan kegiatan tersebut salah satu dukungan percepatan TNI khususnya Angkatan Laut, untuk percepatan ketersediaan plasma konvalesen dan peningkatan kesembuhan pasien covid-19.

Plasma Konvalesen  sendiri adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2.

“Kegiatan ini bertujuan selain dalam rangka untuk menyemarakkan HUT RI Ke 76 tahun sekaligus juga sebagai bentuk kepedulian TNI Al dalam kondisi saat ini,  yakni akan kebutuhan darah termasuk plasma konvalesen sangat diperlukan, dan hal inilah yang menjadi fokus dari TNI Al dalam melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto S.T. M. Han, Kamis (12/08/2021).

Donor darah yang digelar bekerjasama dengan PMI Kotabaru tetap menerapkan proses donor darah sesuai ketetuan dan prosedur serta memenuhi syarat tahap-tahap donor darah yang diawali registrasi, pemeriksanaan pendahuluan, pemeriksaan kesehatan oleh dokter, tahap administrasi, dan tahap pemulihan.

Dalam kegiatan Peduli sesama tersebut dihadiri langsung Sekda Kabupaten Kotabaru,  Komandan KRI Pari 849, Palaksa Lanal Kotabaru, Kasdim 1004 Ktb, Kasatbinmas Polres Kotabaru dan Kasipidsus Kejaksaan Kotabaru, pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab XIII DJA II, Prajurit KRI Pari-849 dan Prajurit Lanal Kotabaru.  (Olpah Sari Risanta- AN- Pen Lanal Kotabaru)