Danlanud Sjamsudin Noor Turut Dampingi Gubernur Kalsel Tinjau Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Bbs-news.id,Banjarbaru - Didampingi Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago dan Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor . Jenny Yulmaizir, beserta para pejabat pimpinan TNI-Polri dan Forkopimda Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 perdana bagi ibu hamil dan menyusui yang digelar di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin. Rabu, (08/09/2021).

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Provinsi Kalimantan Selatan itu menyampaikan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo untuk mendeklarasikan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Dikatakan Gubernur bahwa saat ini, pemerintah melakukan vaksinasi untuk ibu hamil, dimana ibu hamil juga merupakan salah satu kelompok rentan yang akan memiliki resiko lebih berat apabila terinfeksi Covid-19 sehingga perlu menjadi prioritas penerima vaksin. Selain itu, urainya, efek lain dari ibu hamil yang terkena Covid-19 adalah terjadinya peningkatan angka kematian bayi, terutama karena problem prematuritas akibat harus dilahirkan lebih cepat. 

Beliau berharap dengan adanya pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil ini diharapkan dapat mengedukasi para ibu hamil akan pentingnya vaksinasi, dengan tujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu hamil akibat Covid-19 di Kalsel, dan upaya ini terus dilakukan untuk dapat membantu masyarakat.

Disela-sela peninjauan, Komandan Lanud Sjamsudin Noor dan Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor bersama Gubernur Kalsel dengan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel juga berkesempatan menyambangi dan berdialog dengan sejumlah ibu hamil untuk mengedukasi dan memberikan semangat sekaligus tali asih berupa sembako serta vitamin dan makanan minuman bergizi. Pantauan di lapangan, antusiasme masyarakat cukup tinggi, dimana tim panitia gabungan melakukan pengaturan antrian mulai pagi hingga menjelang siang agar rapi dan tidak berkerumun.

Dalam dialognya kepada beberapa awak media, Komandan Lanud Sjamsudin Noor pun turut menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi mengenai kegiatan yang dilaksanakan ini, seraya berharap ibu hamil bisa melalui masa kehamilannya sampai dengan melahirkan nanti selamat dari ancaman Covid-19, dan mudah-mudahan dengan kerja keras dan kerjasama yang bagus kita semua mampu mencapai target ini, sehingga dapat memutus mata rantai Covid-19 yang saat ini melanda di negeri kita khususnya Provinsi Kalsel, tutupnya.

Selama kegiatan berjalan aman dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.(AN/SR