Dukung Kalimantan South Travel Mart, Sandiaga Uno Semangati Pelaku Usaha Pariwisata Banua

 
Bbs-news.id, Banjarmasin – Upaya membangkitkan pariwisata di Kalimantan Selatan dan memulihkan ekonomi kerakyatan diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno. Bahkan Sandiaga Uno mendukung penuh South Kalimantan Travel Mart 2021, yang digelar 7 hingga 10 Oktober di Kalimantan Selatan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung penuh kolaborasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, yang menggandeng Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalimantan Selatan sebagai leading sektor event  yang bertujuan membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu juga selaras dengan tiga strategi Kemenparekraf untuk membangkitkan industri yang sempat terpuruk yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“ Alhamdulillah kami mendukung penuh South Kalimantan Travel Mart 2021, sebagai langkah bagus membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Mudah-mudahan event ini menjadi simbol kebangkitan ekonomi kita, agar usaha UMKM juga mengeliat di sektor pariwisata dan membuka kembali lapangan pekerjaan. Kami dukung sepenuhnya kegiatan seperti ini,” ucap Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kalimantan Selatan, Kamis (02/09/2021).

Sandiaga Uno pun mengakui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ialah yang terdampak paling besar dengan pandemi Covid-19. Namun, ia menyemangati para pelaku usaha tidak boleh menyerah dan harus mencari cara untuk tetap menghidupkan industrinya. Salah satunya yang patut diapresiasi adalah South Kalimantan Travel Mart 2021, yang melibatkan pula sejumlah pelaku usaha kreatif di bidang pariwisata baik dari Kalsel sendiri maupun sejumlah kota besar di Indonesia.

“ Kegiatan berbasis MICE ( Meeting, Incentive, Convention, Exibhition) akan kami koloborasikan juga dengan kegiatan kementerian di bulan Oktober. Sebelumnya juga kami sudah mendukung Festival Saijaan di Kotabaru, salah satu even KEN (Kharisma Event Nasional).Mudah-mudahan Festival berbasis MICE menjadi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya optimis.

Di satu sisi yang tak kalah penting dalam setiap event termasuk ketika destinasi dan pusat wisata belanja dibuka dengan PPKM yang dilonggarkan pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) secara ketat.

Saat bertemu dengan sejumlah asosiasi usaha pariwisata dan ekonomi kreatif se-Kalsel, di Pesanggarahan Belanda, Tahura Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar, Sandiaga pun mengajak untuk bersatu membangkitkan pariwisata dan usah ekonomi kreatif. Sandiaga pun mengajak pula masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program 'Bangga Berwisata' atau dengan tagar #DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia.

"Yang terpenting adalah jangan lupa protokol kesehatan yang disiplin dan ketat agar meningkatkan kembali ekonomi kreatif di Indonesia. Kita juga mendorong sentra vaksinasi sektor pariwisata mendukung percepatan herd immunity," pesannya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M.Syarifuddin, mengatakan South Kalimantan Selatan Travel Mart 2021 yang diapresiasi dan didukung Menteri Sandiaga Uno, salah satu strategi yang dilakukan pemerintah daerah agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya bangkit kembali. Karena itulah di lapangan semua pihak harus bahu-membahu membangkitkan sektor pariwisata di Banua.

“ Melalui kolaborasi dan sinergi kita bersama-sama membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di banua. Kita punya sumber daya alam dan potensi wisata yang bisa diandalkan.Mari kita bergandengan tangan menuju Kalimantan Selatan bisa maju dan berkembang lebih baik lagi, sehingga bisa semakin dikenal luas bukan hanya di nusantara tapi juga sampai mancanegara,” ujar Syarifuddin yang secara marathon dua hari mendampingi kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiago Uno, Ke Kalsel. ( Olpah Sari Risanta – AN )