Kepala Sekolah Beserta Para Guru Dan Orang Tua Serta Perwakilan Murid SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin Kunjungi PD PAL Banjarmasin

BBS-NEWS. ID -  BANJARMASIN - Jajaran SDN Kuin Utara 4 Kota Banjarmasin, Kamis (2/9) melakukan Kunjungan pembelajaran ke Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD.PAL) Kota Banjarmasin.

Kepala Sekolah Asiah, M.Pd., motivasi kunjungan tersebut karena tertarik dengan adanya penjelasan Ibu Ayu (Ros Ayu Inta Anggraini, Kabid Umum PD. PAL Banjarmasin) yang waktu beberapa hari sebelumnya melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin (sekitar 6/7/2021 yang lalu) dan menjelaskan panjang lebar tentang pengelolaan air limbah di Kota Banjarmasin.

"Kemudian saya tergugah untuk menjelaskan juga kepada guru-guru yang lain. Kalau dari saya sendiri mungkin tidak 100 persen bisa disampaikan. Jadi kalau mereka secara langsung kami mendatangkan Ibu Ayu ke sekolah kemarin bersama Pak Mugni, itu bisa mereka mendengarkan penjelasan secara langsung dan lebih jelas tentunya," kata Asiah.

Kedatangan mereka ke PD. PAL, diharapkan Asiah, dapat membuka wawasan guru-guru, Kepala Sekolah terutama, juga pengawas. Kemudian membuka wawasan orang tua murid yang juga hadir. 

"Dan tidak kalah pentingnya, sangat penting bagi kami, yaitu anak-anak kita, generasi muda, mereka tahu bagaimana pengelolaan air limbah dan tentunya mudah-mudahan nanti kedepannya mereka akan lebih sayang dan menghargai. Jadi mereka bisa mengurangi agar air tidak terlalu kotor seperti sekarang," harapnya.

Sementara itu, Ros Ayu Inta Anggraini, SR., MM., selaku Kabid Umum PD. PAL Banjarmasin mengharapkan, agar sekolah-sekolah di Banjarmasin bisa tahu PD. PAL itu apa. 

"Kemudian cara pengolahan air limbah. Kami ingin melakukan pembinaan dan pengawasan sanitasi, khususnya untuk air limbah di sekolah-sekolah di Banjarmasin," ungkap Ayu.

Rombongan SDN Kuin Utara 4 Kota Banjarmasin tersebut, berjumlah sekitar 38 orang dan khusus murid perwakilan dari kelas satu sampai enam. Walaupun keinginan menyertakan semuanya, tetapi karena masih dalam suasana pandemi covid 19, tegas Asiah, dibatasi jumlahnya, dengan harapan, yang berhadir tersebut bisa menjelaskan kepada yang lainnya.(AN/Juns)