Korem 101/Ant, Dukung Program Pemerintah Aksi Bersih Sungai Martapura Bungas Dan Revolusi Hijau Tanam Pohon


Bbs-news.id, MARTAPURA - Sabtu (18/9) Launching Puncak Kegiatan Kick Off bersih - bersih sungai Martapura Bungas dan Aksi Bersih Sedunia dicanangkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor di Desa Lokbaintan Kecamatan Sungai Tabuk Martapura Kabupaten Banjar. 

Kegiatan dilaksanakan oleh pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel dan didukung oleh TNI Korem 101/Antasari beserta jajarannya yakni Kodim 1007/Bjm dan Kodim 1006/Banjar, Polda Kalsel serta instansi terkait lainnya. 

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S. Sos., M.H. menyampaikan bahwa "Hari ini adalah hari bersih-bersih untuk lingkungan kita, untuk menjadikan sungai yang lebih bagus kedepannya", ucapnya. 

"Kalau sungai kita bersih maka lingkungan juga menjadi bersih, nyaman untuk di kunjungi oleh para masyarakat dari luar Kalimantan". 

"Bagi masyarakat yang tinggal di pesisir sungai agar menjaga kebersihan aliran sungai dan juga lingkungan supaya kita terhindar dari berbagai penyakit dan juga penyebaran Covid-19", pungkasnya. 

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah selaku Dansatgas Aksi Bersih Sungai Martapura Bungas mengatakan "Betapa pentingnya peduli lingkungan dan menanam pohon, selain manfaatnya untuk kesehatan kita, juga sebagai penghijauan dan sebagai paru-paru udara dalam menyerap polusi serta akar pohon bermanfaat dapat menahan air supaya tidak langsung hilang dan mencegah terjadinya erosi", ucapnya. 

"TNI akan selalu mendukung program pemerintah dalam aksi bersih-bersih susur sungai Martapura dan revolusi hijau menanam pohon". 

Ini merupakan wujud terjalinnya kemitraan bersama antara pemerintah daerah, TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat. 

"Oleh karena itu melestarikan alam adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama,  kita tidak hanya dengan menaman saja, akan tetapi kita wajib ikut melestarikan dengan cara merawat demi kelangsungan hidup tanaman pohon kelor yang baru ditanam", pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, S. Sos., M.H., Ketua DPRD Prov. Kalsel Dr. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., Kapolda Kalsel diwakili oleh Dir Polair Kombes Pol Takdir Mattanete, Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel PNB Yulmaizar Chaniago, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiantoko dan  Kadis Lingkungan Hidup Prov. Kalsel Ibu Hanifa Dwi Dirwana. 

Tampak hadir juga Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Oki Ardiansyah Adiwirya, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, S.I.P., Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi dan juga Pembakal Desa. Lok Baintan. (Penrem 101/Antasari).

(AN/Juns