Nelayan Perairan Selat Laut “Serbu” KRI Badik 623, TNI AL Bagikan Sembako

Bbs-news.id, Kotabaru – Perairan Selat Laut, Kotabaru , Kamis siang (09/09/2021) mendadak ramai. Sekelompok nelayan terlihat memacu cepat perahu bermotor kecil ke tengah perairan. Puluhan kapal motor ini pun mengitari KRI Badik-623 yang tengah sandar. Sejumlah petugas TNI AL pun bersiap siaga menunggu kedatangan puluhan kapal nelayan mendekati KRI Badik yang merupakan kapal perang patroli utama Indonesia dari jenis Kapal Cepat Rudal (KCR).

Namun kedatangan puluhan nelayan ini bukanlah berunjuk rasa atau melakukan penyerbuan khusus, melainkan untuk mendapatkan sembako gratis yang dibagikan sejumlah personil TNI_AL Kotabaru dan awak KRI Badik-623. Saat itu kedatangan nelayan dari perkampungan pesisir maritim disambut dengan senyum persaudaraan personil TNI yang menunggunya dari dek kapal. Kegiatan sendiri digelar Dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke- 76.

“ KRI Badik -623 bersinergi dengan Pangkalan TNI-AL Kotabaru tengah melaksanakan kegiatan Bhakti Maritim berupa pemberian bantuan sembako kepada para nelayan yang sedang beraktifitas di Selat Laut Kabupaten Kotabaru,” jelas Komandan KRI Badik -623 Mayor Laut (P) Suharto, S.E., M. Tr Opsla, di sela-sela pembagian sembako di peraitan Selat laut Kotabaru.

Lebih jauh Mayor Laut (P) Suharto, S.E., M. Tr Opsla mengatakan selain memperingati HUT TNI Angkatan Laut  ke 76 yang diperingati setiap tanggal 10 September juga sebagai wujud kepedulian TNI AL membantu mengurangi beban masyarakat  maritim pada masa  pandemi wabah Covid-19 saat ini. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari bentuk Operasi militer selain perang (OMSP) sesuai dengan arahan Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han)  agar setiap unsur yang melaksanakan Operasi dimanapun penugasan harus bermanfaat untuk masyarakat. 

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto S.T M.Han mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan jajaran TNI AL dan KRI Badik-623 . Ia pun menyampaikan terima kasih kepada  Komandan KRI Badik-623 beserta seluruh prajuritnya, yang telah berempati masyarakat maritim (Nelayan) di wilayah kerja Lanal Kotabaru, 

“ Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih sekali. Karena manfaatnya bisa dirasakan oleh para nelayan terlebih pada masa Pandemi Covid-19 ini.” Kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto S.T M.Han.

 Kegiatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat nelayan di daerah Kotabaru dan sekitarnya. Karena di tengah kesibukannya menjaga keamanan maritim nusantara, prajurit-prajurit TNI AL masih menyempatkan diri berbagi peduli kemanusiaan. (Olpah Sari Risanta – AN )