Basarnas Banjarmasin Bersama Tim Sar Bantu Evakuasi Warga Tanah Laut

Basarnas Banjarmasin dan TimSar evakuasi Warga Yang terkena dampak Banjir di Tanah Laut (foto.ist) 

Bbs-news.id, Banjarmasin - Kantor Pencarian dan pertolongan (Basarnas) Banjarmasin menerjunkan 1 tim untuk memantau dan mengantisipasi apabila ada warga membutuhkan pertolongan maupun evakuasi dampak banjir di beberapa desa di kabupaten Tanah Laut. Senin (07/3)

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin Al Amrad, S.Sos mengatakan tim disiagakan untuk memberikan pertolongan dan mengevakuasi warga yang daerahnya terdampak bencana banjir. 

"Satu tim 'Rescue' Basarnas Banjarmasin menuju lokasi kejadian pada pukul 17.40 WITA tadi sore untuk melaksanakan evakuasi warga terdampak banjir," katanya. 

Berdasarkan laporan yang diterima, intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang lama mengakibatkan beberapa pemukiman warga terendam, dengan ketinggian air antara 1 - 1,5 m.

Sebanyak 3 Kecamatan terdampak banjir di kabupaten Tanah Laut, di antaranya Kecamatan Panyipatan, kecamatan Takisung, dan kecamatan Pelaihari.

Menurut informasi tim di lapangan melalui koordinator lapangan Suwarto, saat ini tim sedang melakukan evakuasi warga yang terdampak di desa Karang Jawa, dan di evakuasi menuju halaman desa Batu Tungku.

Kami tadi sempat mengevakuasi ibu-ibu dan anak-anak, tapi banyak juga warga yang memilih mengungsi ke rumah sanak keluarganya yang tidak terkena banjir tuturnya. 

Saat ini tim Rescue Basarnas Banjarmasin berada di posko SAR Gabungan di kantor BPBD Tanah Laut dengan beberapa tim rescue lainnya yang terlibat, di antaranya BPBD Tanah Laut, TNI/Polri, Dinas Sosial Tanah Laut, PMI Tanah Laut, dan rekan potensi SAR lainnya.

Harapan kami semoga banjir berangsur surut, agar warga dapat beraktivitas kembali dengan normal. (Andra