TIM SAR GABUNGAN BERHASIL MENEMUKAN JASAD NELAYAN YANG HILANG SAAT MENCARI IKAN DI SUNGAI BATANG

Bbs-news.id, Banjarbaru - Riduan (55), nelayan yang hilang saat mencari ikan di Sungai Batang, akirnya ditemukan oleh tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Minggu (27/3/2022). 

Al Amrad S.Sos., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin mengatakan, korban berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 06.30 Wita, setelah tenggelam saat mencari ikan di Desa Sungai Batang Ilir, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, sejak Sabtu (26/3/2022) kemarin. 

Diterangkan Al Amrad S.Sos., bahwa jenazah korban ditemukan sekitar 250 meter dari lokasi atau titik pertama saat dia tenggelam.

“Setelah menemukan korban, tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban ke rumah duka sesuai dengan permintaan dari pihak keluarga” ungkap Dendy Prasetyo, rescuer sekaligus Koordinator lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Salah satu kendala yang terjadi pada saat proses pencarian yaitu banyaknya tanaman eceng gondok dan tanaman air sejenis lainnya yang banyak tumbuh di sungai tersebut. Proses pencarian sempat dihentikan sementara pada hari Sabtu (26/3/2022) dikarenakan sudah memasuki waktu malam. Kemudian pencarian dilanjutkan tadi pagi dengan hasil korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian, yakni Basarnas, BPBD, PMI, Polres Banjar, EBR, Bankom, Borneo Rescue, Gajah Rescue, BPK Sedap, SAR MTA, Graha Rescue dan Masyarakat Sekitar. 

"Terima kasih berkat doa semua serta kerja sama yang solid semua unsur Tim SAR gabungan dan juga dukungan nyata dari masyarakat khususnya harapan yg tidak putus dari Keluarga korban,  akirnya operasi SAR kali ini bisa berjalan lancar dan korban cepat ditemukan." ujar Al Amrad S.Sos., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (HMS-SAR/BJM/Andra )