Bupati Hulu Sungai Selatan Didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Kalsel Tinjau Pasar Murah Desa Padang Batung HSS

Bupati Hulu Sungai Selatan didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Kalsel Drs H. Birhasani MSi

Bbs-news.id, Kandangan  -  Di hari ke 9 puasa Ramadhan, seiring dengan itu Pemprov Kalsel terus menggelar pasar murah ke pelosok desa. 

Senin 11 April 2022 giliran  Desa Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan langsung ditinjau oleh Bupati Hulu Sungai Selatan didampingi Kadis Perdagangan Provinsi Kalsel Drs H. Birhasani MSi.

H. Birhasani Kadisdag Kalsel sangat apresiasi dengan Pemda HSS yang juga memprogramkan kegiatan yang sama di daerahnya. Dikatakan, kegiatan seperti ini sangat diharapkan oleh masyarakat, terlebih disaat ramadhan dan ekonomi masyarakat belum pulih akibat pandemi, setidaknya bisa mengurangi beban pengeluaran sehari-hari rumah tangga. 

"Dengan pasar murah ini, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan keperluan, seperti minyak goreng, gula, teh, daging sapi, beras, tepung, sayuran dan berbagai keperluan lainnya dengan harga yang lebih murah dari pasar," kata Birhasani.

Birhasani, juga menyempatkan diri mengunjungi salah satu pasar di Kota Kandangan, yaitu Pasar Terpadu. 

"Disini ketersediaan bahan pokok mencukupi, terlebih minyak goreng kemasan, gula, cabe, bawang dan lain-lain tersedia cukup dengan harga yang wajar, meski termonitor ketersediaan minyak goreng curah bersubsidi terbilang susah didapat di pasar ini," Birhasani menyebutkan.

Untuk itu dilakukan koordinasi dengan Pemda HSS melalui Disperindag dan telah disepakati bekerja sama dengan salah satu pedagang besar pengecer minyak goreng curah untuk penyaluran minyak goreng curah bersubsidi untuk keperluan rumah tangga dan usaha mikro dan kecil, hasilnya insya Allah dalam minggu depan akan disalurkan migor curah bersubsidi sebanyak 8.000 liter untuk tahap pertama yang didukung PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan berlanjut pada distribusi berikutnya.

"Ini adalah upaya membantu memberikan alternatif migor murah kepada masyarakat dengan harga Rp. 14.000/liter, tentunya juga mendukung industri rumah tangga agar tetap eksis berproduksi," pungkasnya.

Kadis Perindag HSS, Sudino,, menyambut baik upaya ini dan siap mengawal penyalurannya di lapangan.(juns/Andra