Pertamina Ajak Masyarakat Jelajahi Warna Warni UMKM di GBBI 2022

Banjarmasin,ifakta.id  - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor paling tangguh dalam menghadapi dinamika ekonomi di Indonesia. Meskipun diterpa dengan beragam krisis yang menerpa, termasuk krisis akibat pandemi Covid-19, tidak membuat sektor UMKM surut.

Berbagai upaya datang dari pihak-pihak yang berkomitmen untuk terus menjaga UMKM bangsa tetap hidup sebagai penopang ekonomi masyarakat. Mulai dari Pemerintah hingga perusahaan dalam negeri berbondong-bondong mengambil peran dengan berbagai program yang inovatif dan menarik. 

Tak ketinggalan, PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan UMKM turut andil untuk meningkatkan kualitas UMKM. Hal itu disampaikan oleh Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria. 

“Kami memiliki beberapa program bagi para UMKM, mulai dari program pendanaan usaha mikro kecil hingga pelatihan-pelatihan yang bertujuan UMKM naik kelas, mengikuti kebutuhan zaman,” jelas Satria saat menjadi salah satu narasumber dalam Talkshow Jelajah Warna Warni Kalimantan di puncak acara Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 2022 yang di gelar di halaman kantor Gubernur Kalsel, Sabtu (23/07).

Satria menerangkan lebih lanjut bahwa Pertamina berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak termasuk mengambil peran dalam GBBI 2022. “Para UMKM yang berhasil naik kelas melalui pelatihan dan program yang kami siapkan, kami ajak mengikuti berbagai pameran dari tingkat lokal hingga internasional, termasuk menyediakan _marketplace_  di smexpo.pertamina.com untuk memasarkan produk UMKM, saat ini ada 67 UMKM asal Kalsel yang siap berjualan di _marketplace_ smexpo,” tambah Satria.

Lebih lanjut Satria menerangkan ada tiga hal utama yang dilakukan Pertamina untuk membina UMKM yaitu Pelatihan UMKM berbasis naik kelas, Pendanaan Usaha Mikro Kecil, dan mendekatkan UMKM ke pasar nasional dan global. 

Hal tersebut kemudian disambut baik oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Raudhatul Jannah. “Kami memberikan apresiasi atas partisipasinya dalam GBBI, semoga kedepannya dapat terjalin kerjasama yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM khususnya di Kalsel,” tuturnya.

Selain Pertamina dan Dekranasda, talkshow tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Erwin Dwiyana, perwakilan dari Kepala Bank Indonesia wilayah Kalimantan Selatan, Dadi Esa Cipta, dan Putri Indonesia Lingkungan 2022, Cindy May Mac Guire.

Diharapkan melalui acara GBBI 2022 dapat membantu UMKM mempromosikan produk – produk unggulannya serta membangun motivasi para pelaku UMKM agar tetap bertahan, terus berkembang dan naik kelas, sehingga produknya dapat dikenal tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di internasional. (Andra)