ANAK ACIL SAMBAL PASAR MURUNG PUDAK TABALONG JADI DOKTOR

Ujian Promosi Doktor " Anak Acil Sambal" Rabiah (foto.ist) 

Banjarmasin,Bbs-news.id - Seorang perempuan yang lahir dari pasangan Iriansyah (Almarhum) dan Hj. Nurul Hikmah, Rabi’ah, wanita kelahiran 31 Maret 1987 ini pada tanggal 11 Oktober 2022, sekarang telah berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul "Kontestasi dan Adaptasi Lembaga Pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan". 

Pendidikan jenjang S3nya ditempuhnya di Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin dengan mengambil Program Studi Pendidikan Agama Islam.  


"Rabi’ah sendiri dibesarkan dari keluarga yang sederhana, tetapi semangatnya untuk melanjutkan sekolah itulah keinginan paling tinggi ungkapnya".

Apalagi seorang panutan terutama ayahnya dikenal sebagai seorang supir angkot yang dengan penghasilan yang minim, tetapi dia tetap berusaha agar anaknya tetap bisa melanjutkan sekolah yang paling tinggi, itulah keinginan seorang ayah. Walaupun bahkan sampai menjadi penjual batu bata merah. 

Namun tetap tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga dalam menghidupi anak-anaknya 6 orang. Sekitar tahun 1999an Perekonomian keluarga mulai membaik ketika sang Ibu mulai berjualan sambal masak di pasar. Ucapnya. 

"Usaha sambal masak itu sendiri diturunkan oleh nenek dari pihak abah atau mertua dari sang Ibu". Sejak kecil, Rabi’ah telah terbiasa membantu orang tua menyiapkan aneka bahan untuk pembuatan sambal masa Tetapi walaupun demikian, sang abah selalu mendorong Rabi’ah untuk tetap bersekolah, dengan katanya,”Bi’ah sekolah sampai tinggi”. 

Akhirnya ucapan sang Abah pun terkabul dengan diraihnya gelar doktor oleh Rabi’ah kurang lebih 8 tahun setelah sang Abah meninggal dunia. Terinspirasi dari latar belakang sebagai pedagang dan dekat dengan kehidupan di pasar, Istri dari Ahmad Napi yang juga berjualan konveksi di Pasar Murung Pudak ini mengangkat topik penelitian yang masih berkaitan erat dengan dunia pasar, tepatnya pemasaran dalam dunia pendidikan.Pungkasnya(Biah) 

Editor : Aan