Acara Pembukaan Praktik Lapangan Terpadu Prodi DIII Keperawatan Semester V Politeknik Kesdam VI Banjarmasin TA 2022/2023

Mataraman, Bbs-news.id  -  Direktur Politeknik Kesdam VI Banjarmasin Tri Mawarni menyerahkan kepada Mahasiswa semester V prodi DIII Keperawatan untuk berpraktik di Wilayah Kecamatan Mataraman, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh 75 mahasiswa dan beberapa instansi terkait, antara lain Kabid SDK Dinkes Kabupaten Banjar, Camat Mataraman, Kepala Puskesmas Mataraman, Kapolsek Mataraman dan Danramil serta beberapa Kepala Desa tempat mahasiswa berpraktik. 

Dalam sambutannya Direktur Politeknik Kesdam sekaligus menyerahkan Mahasiswa untuk melaksanakan praktik lapangan terpadu yang meliputi praktik Mata kuliah Pelayanan Primer Dasar dan Keperawatan Keluarga kepada Dinkes Kabupaten Banjar.

Camat Mataraman Dedi Kurniadi menyambut baik adanya Mahasiswa yang berpraktik di wilayahnya, guna membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang ada selama ini.

Pentingnya kehadiran Mahasiswa di desa terpencil merupakan program yang tepat menurutnya, dikarenakan ketika bekerja nanti SDM akan siap ditempatkan di manapun ia bertugas tanpa mengusulkan pindah-pindah tempat tugas dengan alasan beratnya medan yang belum pernah dirasakan.

Politeknik Kesdam VI Banjarmasin dalam pengajarannya mendukung program Kemendikbud dalam menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mendorong Mahasiswa untuk menguasai keilmuan dalam bekal memasuki dunia kerja salah satunya dengan praktik langsung ke Masyarakat. Praktik Lapangan terpadu ini dilaksanakan selama 4 minggu dengan purna waktu, sehingga tujuan pendidikan dan program yang ada di kecamatan Mataraman dapat tercapai secara bersinergi.

Politeknik Kesdam VI Banjarmasin membuka penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Sarjana terapan Manajemen Informasi kesehatan yang merupakan Prodi satu-satunya di Kalimantan, pendaftaran dapat mengklik tautan pmb.akperkesdam6tpr.ac.id.(jn/an)