Buya Yamin : Dr H Hanafiah Layak Jadi Pengganti Nama RSUD Ulin

 

dr Hanafiah bersama isteri semasa hidupnya.

Banjarmasin, Bbs-news.id  - Beberapa nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) biasanya mengambil nama tokoh didaerahnya.  Tentunya tokoh-tokoh yang berjasa dan berkarier untuk daerahnya, Senin (26/12/22).

"Dr H Hanafiah memang sangat layak menjadi pilihan untuk memberi nama RSUD terbesar di Kalimantan Selatan ini,"ujar H Muhammad Yamin IE, Sekretaris Dewan Dakwah Provinsi Kalsel ini.

Buya Yamin, sapaan akrab yang juga merangkap menjadi sekretaris pimpinan Muhammadiyah Banjarmasin 11 ini saat berada di kediamannya kepada wartaniaga mengatakan bahwa, usulan nama ini pertama kali disampaikan oleh Mantan Gubernur Ir HM Said yang sangat brilian, mengingat jasa-jasa almarhum di Banua.

Kenapa RSUD Kalsel namanya Ulin lanjutnya, ini diambil dari nama Jalan Ulin kala itu. Kemudian setelah Revolusi atas pengkhianatan PKI, Jalan Ulin digantikan menjadi Jln Jenderal Ahmad Yani.

"Sementara di daerah-daerah lain, baik Provinsi, Kabupaten/Kota nyaris selalu nama orang dan lumrahnya nama dokter atau tokoh yang berjasa pada kesehatan,"bebernya.

Buya Yamin menyarankan agar RSUD Ulin diberi nama sebagaimana daerah lain, maka dr Hanafiahlah yang sangat layak menjadi namanya.

"Apalagi anak bungsunya dr M Rudiansyah juga seorang dokter spesialis yang terpilih menjadi ketua IDI di Kalsel ini sudah 2 periode,"ungkap Buya Yamin.

Kemudian Buya menceritakan bahwa dedikasi dr H Hanafiah ini tidak diragukan lagi, mantan direktur RSUD Ulin tahun 1969-1974 merupakan asli urang Banua yang menjadi seorang dokter di Kalimantan Selatan yang kala itu masih sangat jarang ada.

"Kita hanya ingin lahir kejujuran dan orang-orang jujur lebih banyak, baik perkataan, sikap yang kelak menjadi sejarah yang jujur,"tandasnya.

Dr M Rudiansyah MKes Sp PD-KGH, Finasim adalah anak bungsu dari 5 bersaudara yang mendedikasikan dirinya untuk Kalimantan Selatan.

Dia adalah dokter spesialis penyakit dalam dan penanganan penyakit pada saluran pencernaan, hati, ginjal, empedu, hipertensi dan pankreas.

"Sebagai penutup, mohon di aamiin kan, semoga dr H Hanafiah penuh RahmatNya di alam barzah, penuh nikmat atas dedikasinya pada dunia kesehatan di Kalsel. Dan kita menjadi penerus yang pandai bersyukur dan berterima kasih,"pungkas Buya Yamin.(Eddy/Andra)