Terima kasih, Posko Bubuhan Wartawan Membantu Jemaah Haul

 

Banjar, Bbs-news.id  – Meskipun apa yang dilakukan semata-mata niatnya untuk membantu kelancaran prosesi Haulan Abah Guru Sekumpul ke-18, keberadaan Posko Bubuhan Wartawan dinilai sangat membantu para jemaah. Terbukti Posko yang berada di kawasan Jalan Tol Lingkar Dalam “Gubernur Syarkawi”, Gambut, Kabupaten Banjar, menjadi salah satu peristirahatan alternatif bagi jemaah haul , sebelum menuju lokasi Haul Abah Guru Sekumpul ke-18, pada Hari Kamis atau Malam Jumat (26/01/2023) di Kampung Keramat, Desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Timur.

Apresiasi pun dilayangkan kepada para wartawan dan relawan yang membuka Posko Bubuhan Wartawan untuk memberikan makanan dan minuman secara gratis bagi jemaah yang menghadiri Haulan Guru Sekumpul ke-18. Sejumlah kalangan pun menilai kepedulian para wartawan ini mencerminkan jika semua komponen bergerak mensukseskan Haulan ke-18 Abah Guru Sekumpul, spontan namun terencana. Sehingga memberikan kenyamanan bagi jemaah haul yang mampir maupun melintas. Karena selain disuguhi makanan dan minuman hangat, mereka pun disangui bekal makanan (roti,snack dan air mineral).

“Alhamdulillah, kami sangat salut dengan upaya yang dilakukan kawan-kawan wartawan. Di tengah kesibukan meliput, masih saja memikirkan berbagi kepedulian bagi orang lain, dengan membuka secara spontan Posko Rest Area, yang sangat membantu sekali para jemaah dengan suguhan makanan dan minuman gratis. Mudah-mudahan ini berlanjut hingga acara haulan Minggu, 29 Januari 2023,” ujar Hj.Jamilah, Pengurus ASITA Kalsel, yang bertandang ke Posko Bubuhan Wartawan, Kamis tadi (26/01/2023).

Meskipun setengah hari sebagian wilayah di Kalsel diguyur hujan lebat, termasuk lokasi Posko Rest Area Bubuhan Wartawan, namun tidak menyurutkan semangat para jemaah untuk menuju lokasi pelaksanaan Haul Guru Sekumpul di kediaman Gubernur Kalsel, H.Syahbirin Noor, kemarin. 

Sejumlah jemaah pun menyambut gembira keberadaan posko relawan yang tersebar di sejumlah tempat, termasuk posko yang dikelola sekelompok wartawan Kalsel, yakni Posko Bubuhan Wartawan. Posko yang dikoordinir wartawan senior, Muhammad Risanta,ramai dikunjungi sejumlah jemaah haul yang ingin beristirahat setelah melakukan perjalanan jauh dari kampung halamannya. Mereka pun menikmati sajian nasi kotak, kue dan minuman hangat yang disediakan para wartawan.

“Alhamdulillah, bisa menikmati kopi hangat dan kue-kue khas Banjar seperti Untuk-untuk, Nasi Balamak Balipat hingga disuguhi nasi kotak hangat. Terus terang kami sempat kehujanan tadi dari Kuala Kapuas, Kalteng, Alhamdulillah bisa singgah di Posko Relawan Bubuhan Wartawan.Ini mau ke acara haulan Abah Guru Sekumpul,di Kampung Keramat, Telok Selong, Martapura,” ujar Helmi, Warga Kuala Kapuas, bersama anak dan istri mampir ke Posko Bubuhan Wartawan.

Hal serupa juga diungkapkan Kai Sani, lansia yang naik sepeda ontel dari Desa Wanaraya,Batola, ke Kampung Keramat, Telok Selong. Kai Sani sendiri mengaku sempat kedinginan akibat kehujanan di jalan. Dirinya bersyukur bisa beristirahat di Posko Bubuhan Wartawan, dan  langsung disuguhi kopi panas dengan ramah para wartawan dan relawan yang bertugas di posko ini.

“Masya Allah, tapi sempat menggitir (gemetaran) di jalan. Mau mencari warung di kawasan Jalan Gubernur Syarkawi, banyak yang tutup.Alhamdulillah ada posko yang menyuguhi makanan dan minuman gratis.Kai banyak-banyak terima kasih udah disambut baik dan langsung dibari makanan bubuhan relawan disini,” tutur Kai Sani, jemaah Haul Guru Sekumpul, yang sejak pukul 07.00 pagi mengayuh sepeda dari kampungnya.

Selain menyiapkan makanan dan minuman, para wartawan juga membagikan langsung nasi bungkus dan roti plus air mineral ke sejumlah warga dan jemaah haul Guru Sekumpul. Selepas siang setelah hujan reda, ratusan jemaah pun banyak melintasi kawasan Gubernur Syarkawi dengan kendaraan roda dua dan empat.  Sedikitnya 2000 nasi bungkus dan seribu bungkus kue dan roti langsung dibagikan di jalan.

“Alhamdulillah, setelah setengah hari hujan lebat dan saat reda kami bersama relawan lainnya bergerak membagikan langsung ribuan nasi kotak dan roti plus air mineral.Ini sebagian besar juga sumbangan dari masyarakat yang spontan mengantari makanan dan minuman langsung ke posko kami, dalam mendukung kelancaran prosesi Haulan.Dan kita bergerak di kawasan ini, sebagai pintu awal jemaah yang ingin beristirahat di Posko sebelum melanjutkan perjalanan. Sedangkan yang lewat kami berikan langsung makanan dan minuman gratis,” terang Risanta, koordinator Posko  Bubuhan Wartawan, kepada sejumlah awak media.

Menurut Risanta, dalam pelaksanaan Haul Minggu (29/01/2023), para wartawan yang tergabung dalam Posko Bubuhan Wartawan, tidak membuka posko di tempat yang sama lagi. Kemungkinan besar akan bergerak (mobile) membagikan makanan dan minuman secara gratis, di sejumlah titik terutama di kawasan Banjarbaru dan Martapura.

“Insya Allah kawan-kawan akan bergerak mobile, berkeliling ke sejumlah kawasan atau titik kumpul para jemaah haul. Mohon doanya agar dilancarkan selalu,” ucap wartawan senior Transmedia Grup. (Andra)