Memperingati HUT Ke 50, BASARNAS Melaksanakan Penanaman Pohon Di Objek Wisata Taman Hutan Raya (TAHURA) Mandiangin

bbs-news.id, Banjarbaru- Memperingati HUT Ke- 50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin  menggelar acara  dengan gerakan penghijauan  meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan HUT Basarnas ke- 50 tahun ini diisi dengan Bhakti Sosial yaitu kegiatan penanaman pohon di objek Agro Wisata Taman Hutan Raya (TAHURA ) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar, Kamis (03/2/2022) Pagi.

Dalam kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon di objek Agro Wisata Taman Hutan Raya (TAHURA ) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar, di ikuti oleh 95 Orang Peserta diantaranya pegawai ASN, PPNPN dan perwakilan anggota Dharma wanita Persatuan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin. Diawali dengan penanaman bibit pohon oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad,S.Sos. Pada kegiatan ini setidaknya ada 150 bibit pohon produktif yang akan ditanam, diantaranya bibit pohon Rambutan (Nephelium Lappaceum), Durian (Durio), Kelengkeng (Dimocarpus Longan), Jeruk Nipis (Citrus Aurantiifolia), Mangga (Mangifera Indica), Alpukat (Persea Americana) dan Jambu Air (Syzygium Aqueum).

Kegiatan ini terlaksana berkat Kerjasama Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dengan UPT Taman Hutan Raya (TAHURA) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar sebagai penyedia lokasi penanaman, dan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) Kalimantan Selatan sebagai penyedia bibit pohon yang akan ditanam.

Kepala UPT Taman Hutan Raya (TAHURA) Sultan Adam Mandiangin Kab. Banjar Ibu Ainun Jariah, S.Hut ,MP  memberikan apresiasi dan ucapan trimakasi kepada pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dalam hal ini telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon produktif "Saya mengapresiasi kegiatan penanaman bibit pohon pada hari ini dan berharap dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan, selain untuk manfaat penghijauan alam, setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan hasil dari pohon itu sendiri nantinya" ungkapnya.

Kepala Balai  Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) Kalimantan Selatan Bpk. Siswo, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa “Kami mempunyai tempat persemaian berbagai jenis bibit pohon untuk ditanam, dalam kegiatan BASARNAS kali ini kami support bibit tanaman produktif agar bisa ditanam dan cocok dengan karakteristik lahan di lokasi yang sudah ditentukan, nanti apabila ada lagi gerakan penghijauan seperti ini kami akan bantu dengan bibit pohon yang lebih bervariasi”, ungkapnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad,S.Sos  menyampaikan bahwa penanaman pohon ini selain untuk menyambut Hari Ulang Tahun Basarnas Ke-50  juga merupakan semangat BASARNAS  untuk menyelamatkan bumi dengan gerakan menanam pohon. "Jadi apa yang kita lakukan ini merupakan bentuk kepedulian Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin untuk menghijaukan lingkungan sekitar," Ungkapnya.

Dengan melakukan penanaman bibit pohon ini, sambungnya, kita berharap nantinya akan menghijaukan obyek Agro Wisata Taman Hutan Raya (TAHURA) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar dan secara ilmiah setelah pohon ini besar akan menyumbang oksigen serta hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar, juga sebagai upaya dalam mencegah terjadi nya bencana banjir yang akhir-akhir ini menjadi tragedi setiap tahun yang di rasakan warga Kalimantan Selatan, semoga kita selalu terhindar dan dijauhkan dari marabahaya dan bencana alam. (Andra